Tips Menghindari Penipuan Saat Daftar BPJS Kesehatan





Siapapun pasti menginginkan jaminan kesehatan selama hidupnya. Sebab seperti yang kita ketahui, kesehatan kondisinya tidak bisa ditebak. Dengan biaya kesehatan yang semakin mahal, tentu kita membutuhkan asuransi kesehatan. Tak heran jika banyak orang yang daftar BPJS Kesehatan sebagai asuransi dari Pemerintah Indonesia yang dikenal dengan iurannya yang terjangkau.
 
BPJS Kesehatan (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan) merupakan Badan Hukum Publik yang bertanggung jawab langsung kepada Presiden dan memiliki tugas untuk menyelenggarakan jaminan Kesehatan Nasional bagi seluruh rakyat Indonesia, terutama untuk Pegawai Negeri Sipil, Penerima Pensiun PNS dan TNI/POLRI, Veteran, Perintis Kemerdekaan beserta keluarganya dan Badan Usaha lainnya ataupun rakyat biasa.

Layanan ini mulai dioperasikan sejak 1 Januari 2014, dan disambut baik oleh masyarakat. Bahkan jumlah warga yang daftar BPJS Kesehatan ini membludak. BPJS Kesehatan membantu pembiayaan kesehatan di lembaga kesehatan milik pemerintah dan beberapa rumah sakit swasta yang bekerjasama. Sayangnya, BPJS Kesehatan sempat diisukan mengalami kerugian karena manajemen yang kurang baik dan iuran pengguna yang macet atau tidak diselesaikan sebagai mana mestinya. Meskipun begitu, BPJS Kesehatan tetap eksis hingga saat ini.

Waspada Penipuan Atas Nama BPJS Kesehatan

Dengan banyaknya pengguna dan orang yang daftar BPJS Kesehatan, layanan ini sempat disalahgunakan oleh pihak yang tak bertanggungjawab dengan modus penipuan yang merugikan masyarakat. Pihak BPJS Kesehatan sendiri sempat membeberkan beberapa modus penipuan yang mengatasnamakan instansinya tersebut.

Yakni modus pertama, pelaku mengirimkan SMS atau pesan WhatsApp (WA) ke sembarang nomor yang diperkirakan menggunakan BPJS Kesehatan. Pesan itu berisi pemberitahuan bahwa penerima pesan mendapat hadiah uang tunai dari BPJS Kesehatan. Untuk meyakinkan si penerima pesan, mereka diarahkan untuk mengecek status kemenangannya di situs abal-abal yang mirip dengan situs resmi BPJS Kesehatan. Kemudian pelaku meminta dikirimkan uang sebagai uang administrasi sebesar Rp 2 juta hingga Rp 3 juta, sebelum mengirimkan kembali hadiah yang bernilai puluhan juta rupiah tersebut.

Modus kedua, pelaku melakukan langkah yang hampir sama dengan modus pertama. Namun yang berbeda adalah pelaku berkedok sebagai petugas BPJS Kesehatan yang menginfokan bahwa si penerima pesan adalah orang yang mendapatkan dana bantuan pemerintah. Padahal, BPJS Kesehatan tidak memiliki program bantuan dana apapun, hanya fokus pada pemberian jaminan kesehatan. Dua modus ini harus anda waspadai dan diketahui sebelum daftar BPJS Kesehatan, agar tak merugi.


Tips Hindari Penipuan Daftar BPJS

Dengan maraknya penipuan, anda harus menyimak beberapa tips agar aman saat daftar BPJS Kesehatan. Berikut tipsnya:

Pastikan Mendaftar di Situs Resmi

Daftar BPJS memang saat ini bisa melalui kantor cabang terdekat maupun online. Untuk daftar BPJS via online, anda harus memastikan bahwa situs yang anda tuju merupakan situs resmi milik pemerintah. Format domain yang digunakan untuk instansi pemerintahan yakni (dot)go(dot)id, bukan blogspot atau wordpress. Untuk BPJS Kesehatan, hanya ada satu situs resminya yaitu www.bpjs-kesehatan.go.id.

Sedangkan untuk di beberapa daerah yang jauh dari pusat kota, penawaran membuat BPJS Kesehatan terkadang dilakukan oleh calo yang berpotensi melakukan penipuan. Sehingga sebaiknya anda tidak menggunakan jasanya dan membuat langsung di kantor cabang.

Waspadai SMS Penipuan

Kedua, jangan tertipu oleh SMS atau pesan WA yang berisi informasi pemberian hadiah atau pengalihan dana bantuan dari BPJS Kesehatan. Sebab nomor instansi pemerintah selalu bersifat rahasia dan tidak menerima kiriman biaya apapun selain biaya pembuatan kartu dan iuran setiap bulannya.

Jangan Transfer Uang ke Rekening Tak Resmi

Dalam proses daftar BPJS Kesehatan dan pembuatan kartunya, pengaju akan diminta melunasi biaya dengan mengirimkannya lewat nomor rekening virtual account yang spesifik, bukan rekening perorangan. Hal ini juga berlaku untuk pembayaran iuran bulanan asuransi ini. Sehingga jangan sekali-kali mengirimkan sejumlah uang ke rekening tak resmi, ya!

Itu lah tips agar anda terhindar dari penipuan saat daftar BPJS kesehatan. Untuk mengetahui cara daftar BPJS Kesehatan, silahkan baca infonya di CekAja.com .

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Menghindari Penipuan Saat Daftar BPJS Kesehatan"