Selain Makanan, 5 Jenis Susu Ini Bisa Digunakan Sebagai Penurun Kolesterol



Kandungan kolesterol yang tinggi dalam tubuh, akan mengakibatkan adanya sumbatan pada pembulu darah yang berisiko munculnya berbagai penyakit serius . Nah, untuk mengurangi kandungan kolesterol jahat tersebut, biasanya Anda harus mengonsumsi makanan penurun kolesterol seperti buah alpukat, ikan salmon, hingga oat


Tapi tahukah Anda, bahwa susu juga bisa dijadikan sebagai minuman yang bisa menjaga kadar kolenterol dalam tubuh atau sebagai penurun kolesterol. Terlebih, susu juga bisa dijadikan sebagai pemberi nutrisi yang menyehatkan, sehingga susu bisa menjadi salah satu solusi untuk Anda yang sering bermasalah dengan kolestrol.

Namun, tidak semua jenis susu bisa Anda minum untuk mengurangi kadar kolesterol yah. Karena tidak semua jenis susu yang Anda minum bisa untuk menurunkan kolesterol, bahkan beberapa jenis susu malah akan membuat kadar kolestrol semakin parah.

Lalu, jenis susu yang mana saja yang bermanfaat sebagai penurun kolesterol? Dihimpun dari berbagai sumber, berikut beragam jenis susu yang bisa bermanfaat untuk penurun kolestrol:

1. Susu Almond

Kacang-kacangan memang sangat baik dikonsumsi sebagai makanan penurun kolesterol, termasuk susu almond. Susu yang terbuat dari campuran kacang almond asli tanpa pemanis ini, memang bisa membantu menurunkan kadar kolestrol jahat dalam tubuh.

Tidak hanya sebagai penurun kolesterol, susu almond juga sangat baik untuk jantung. Susu almond mengandung antara 30-40 kalori per porsi dan tidak mengandung lemak jenuh. Karena susu ini termasuk dalam susu nabati, sehingga susu ini tidak mengandung sama sekali kolesterol, bahkan susu ini kaya dengan kandungan vitamin D, asam lemak tak jenuh ganda.

2. Susu Kedelai

Masih terbuat dari kacang-kacangan, jenis susu penurun kolesterol selanjutnya adalah susu kedelai. Sama seperti susu almond, susu kedelai merupakan susu nabati yang memiliki kandungan lemak yang rendah. Secangkir susu kedelai setara dengan 80 kalori dan hanya 2 gram lemak per porsi.

Susu kedelai juga mampu sebagai alternatif untuk orang-orang yang menghawatirkan kolesterol dan tak bisa mentolerir laktosa yang ada dalam susu. Selain itu, susu kedelai juga mengandung 7 gram protein, yang bagus untuk diet jantung sehat. Sama seperti susu almond, susu kedelai akan lebih baik dikonsumsi tanpa pemanis ya. Selamat mencoba!

3. Susu Beras

Jenis susu penurun kolesterol berikut ini mungkin sangat asing bagi beberapa orang. Namun, hal penting yang harus Anda tahu adalah susu beras ini tidak memiliki kandungan kolesterol, bahkan memiliki kandungan karbohidrat tinggi, namun rendah protein.

Selain itu, susu beras juga tidak mengandung lemak jenuh. Sehingga, jika Anda ingin menurunkan kandungan kadar kolesterol di dalam tubuh, Anda bisa konsumsi susu beras dengan tambahan makanan yang bisa menambah asupan protein yang cukup.

4. Susu Skim

Apa Anda pernah mendengar atau pernah mengonsumsi susu skim? Susu skim sendiri memang terbuat dari bahan susu sapi, namun susu skim memiliki kandungan nutrisi yang berbeda. Karena, di dalam satu porsi susu skim mengandung 83 kalori, tanpa lemak jenuh dan hanya mengandung 5 mg kolesterol saja.

Selain itu, susu skim juga mengandung kalium yang bisa membantu mencegah tekanan darah tinggi atau hipertensi.

5. Susu Rami

Kurang populer, susu penurun kolesterol yang satu ini memang sangat jarang didengar. Susu yang terbuat dari biji tanaman rami ini, tidak mengandung THC atau bahan psikoaktif yang ditemukan dalam ganja.

Susu rami bisa menjadi salah satu menu sehat untuk sarapan karena mengandung kalsium dan fosfor lebih tinggi dibanding susu sapi. Selain itu, susu ini juga bebas lemak jenuh, serat, asam alfa linoleat, asam lemak omega-3, sehingga susu ini bermanfaat menurunkan kolesterol.

Nah itu dia 5 jenis susu yang bisa dijadikan sebagai minuman penurun kolesterol. Namun, tidak semua orang suka atau bisa minum susu, karena rasanya yang aneh, termasuk susu nabati seperti di atas. Tak perlu khawatir, karena ada beberapa makanan penurun kolesterol lainnya yang memiliki rasa yang lezat loh.

Apa saja makanan penurun kolesterol yang bisa sekaligus dibuat sebagai masakan lezat? Anda bisa ketahui informasi selanjutnya di link berikut ini: https://www.cekaja.com/info/ini-daftar-makanan-penurun-kolesterol-cek-yuk/



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Selain Makanan, 5 Jenis Susu Ini Bisa Digunakan Sebagai Penurun Kolesterol "