13 Sisi Lain Keelokan Kabupaten Garut yang "Sayangnya Minta Ampun" Jika Kamu Lewatkan

Saat kamu memutuskan untuk berlibur menjelajahi Jawa Barat. Sudah pasti yang terlintas di pikiran kamu untuk mnejelajahi Bandung dengan segala pesonanya, Bogor dengan kesejukannya atau pantai pangandaran yang sudah melegenda itu.

Eits, jangan salah paham dulu. Jawa Barat itu masih mempunyai beberapa kota yang layak kamu sambangi. Sebut saja majalengka dengan seribu curugnya, Sumedang dengan kulinernya dan Garut dengan dodolnya. Nah, kali ini Anak Kos akan mengajak kamu untuk menikmati sejenak keindahan Kabupaten Garut.

Destinasi Garut Nan Menggoda
Garut itu bukan hanya kenikmatan dodolnya saja, masih ada gunung dan pantai yang menggoda yang siap kamu jelajahi. Untuk destinasi garut yang tak kalah dengan Bandung. Berikut Anak Kos memberikan solusi terbaik bagi kamu yang ingin menjeljahi kota dodol ini.

1.  Menyapa Sang Mentari Dari Peraduannya Dengan Malu-Malu di Puncak Gunung Cikuray. Kece Abiez

Gunung ini merupakan salah satu personil boy band korea Suju, bukan makudya adalah salah satu personil dari tiga gunung yang sangat terkenal di Kabupaten Garut yaitu Paguci (Papandayan, Guntur dan Cikuray). Gunung dengan ketinggian mencapai 2.821 MDPL ini menyandang status gunung tertinggi di Kabupaten Garut dan masuk dalam jajaran gunung ke-4 dalam jajaran gunung-gunung tertinggi di Jawa Barat. 

Gunung Cikuray Via ig @garut.banget

2. Masih Kuat Mendaki Gunung Kan Yaa!! Yuk Angkat Kerilmu Ke Gunung Guntur yang Menjadi Gunung Semerunya di Tanah Pasundan

Dengan ketinggian kurang lebih 2.249 MDPL dan dilengkapi dengan jalanan tanjakan sangat tajam dan melewati material pasir yang mirip dengan jalur pendakian gunung semeru. Menurut para pendaki, pemadandangan yang ditawarkan dari atas puncak gunung guntur sangat indah.

Gunung Guntur Via ig @garut.banget

3. Kamu Pendaki Pemula Tapi Ingin Menyatu Dengan Alam, Gunung Papandayan Bisa Kamu Cumbui Bersama Sahabatmu.

Gunung dengan ketinggian kurang lebih 2.665 MDPL ini sangat ramah buat pendaki pemula. Hanya butuh sekitar 4 jam untuk mencapai puncak, membuat gunung ini pantang untuk dilewatkan begitu saja oleh kamu pecinta alam. Keindahannya memang tak pernah ingkar janji dan tak perlu diragukan lagi.

Papandayan Via Ig @Joko_batle
Selain itu, Gunung Papadadayan mempunyai empat kawah dengan keindahannya masing-masing. Ada Kawah Mas, Kawah Baru, Kawah Nangklakm, dan Kawah Manuk. Eist ada satu lagi yang belum ada neh, kawan untuk ke KUA (yang terakhir abaikan saja yaa!!)

4. Keindahan Curug Orog yang Dibalut Dengan Kisah Tragis. Agak Mistis tapi Bikin Candu !

Curug Orog berasal dari bahasa Sunda yang berarti "air terjun bayi" dan menurut cerita yang beredar di masayarakat setempat, dinamakan curug orog karena pada tahun 1960-an ada seoarang wanita muda yang membuang bayinya di curug ini.

Curug Orok Via ig @garut.banget
Terlepas dari cerita tersebut. Curug yang berada di balik Gunung Papandayan ini harus kamu sambangi jika ke Garut karena keindahannya dapat membuat candu. 

5. Curug Rahong, Air Terjun yang Melegenda dan Ikon Unik di Tanah Cisewu

Curug ini terletak di Cibodas Desa Sukajaya Kecamatan Cisewu, Garut. Berada tidak jauh dari jembatan Rahong. urug Rahong ini juga sangat instagrammable. Struktur air terjun yang khas dari Curug Rahong ini memang terlihat unik di foto, membuat orang-orang penasaran. Terlebih dengan warna air yang bersih, dan kadang terlihat membiru.

Curug Rahong Via ig @garut.banget

6. Menelusuri Jejak Sangkuriang di Curug Sanghyang Taraje. Kamu Tahu Kan Legendanya !

Curug Sanghyang Taraje atau yang dikenal juga dengan nama Curug Kembar ini terletak di Desa Kombongan, Kecamatan Pakenjeng. Air terjun ini adalah yang tertinggi di Garut dengan ketinggian mencapai 82 meter. Menurut legenda, curug ini adalah tempat Sangkuriang mengambilkan bintang untuk Dayang Sumbi. Sementara, batu besar yang berada di bawah air terjun dipercaya sebagai tempat penyimpanan harta karun Sangkuriang.

Curug Sanghyang Via ig @garut.banget
Yah, kisah itu memang hanya legenda. Tanpa itu pun, curug ini tetap punya panorama mempesona yang gak bisa disangkal penikmatnya. Dibutuhkan sedikit perjuangan naik turun bukit untuk mencapai tempat ini. Tapi, sepadan kok dengan pemandangan yang terhampar di depan mata.

7. Bosan Dengan Rutinitas Perkotaan yang Bikin Stress. Coba Memanjakan Mata di Hijaunya Hamparan Teh Papandayan

aat kamu ingin kabur sejenak dari rutinitas yang menjemukan, panorama hamparan perkebunan teh bisa menjadi obat pelepas penat yang mujarab. Di Garut, kamu bisa menemukan pemandangan ini di perkebunan teh Papndayan. Di kawasan ini, kamu bisa melakukan hal-hal yang kamu suka, semacam hiking, piknik, bersepeda, atau sekadar berburu foto.

Kebun Teh Papandayan Via ig @garut.banget

8. Leuwi Korsi, "Kolam Setan" yang Keindahannya Bikin Geleng-Geleng Kepala

Leuwi Korsi ini berada di  Kecamatan Bungbulang. Kamu juga bisa mampir ke sini untuk berenang dan merasakan segarnya aliran sungai yang kebiruan. Uniknya, tebing-tebing batu yang mengapit Leuwi Korsi nampak tersusun rapi menyerupai tempat duduk atau kursi. Ada dugaan bahwa di tempat ini terpendam situs megalitikum yang besar.

Leuwi Korsi Via ig @garut.banget
9. Ngopi-Ngopi dengan Wajah Ganteng Maskimal Bersama Sahabat di Taman Kopi Cisurupan di Balut Dengan Suasana Sejuk Pegunungan

Konsep Taman Cisurupan adalah kafe modern dan arena bermain di mana di sekitarnya dikelilingi taman-taman kopi. Taman Kopi Cisurupan berada di jalan raya Cisurupan KM 18. Sangat mudah dijangkau, jika menggunakan kendaraan pribadi dari Garut Kota kita hanya terus lurus mengikuti jalan raya Garut – Cikajang. Kalau menggunakan angkutan umum, kita bisa memakai angkot jurusan Cisurupan (warna putih - biru)  kita bisa langsung berhenti di Taman Kopi. Bagi Anda yang ingin membawa kendaraan roda empat juga tidak perlu kawatir area parkir yang disedikan juga cukup luas.

Taman Kopi Cisurupan Via ig @garut.banget

10. Perpadaun Pasir Putih Nan Halus Bisa Kamu Abadikan Bersama Sahabat Sejati di Pantai Santolo

Bukan cuma air terjunnya saja yang menawan, masih ada pantai-pantai di sepanjang garut yang bisa kamu sambangi. Apalagi kamu bersama sahabat-sahabat kamu, makin seru dan bahagia.

Santolo Beach Via Ig @ihsani


11. Pantai Memang Menjadi Lokasi Favorite Untuk Menghabiskan Waktu Bersama Sahabat. Gak Percaya, Coba Aja di Pantai Sayang Heulang

Panorama pantai ini memang sangat indah. Menghadap langsung ke Samudera Hindia yang luas, tumpukan batu-batuan serta tebing yang cukup tinggi di pinggir pantai, membuat mata terpesona saat menyaksikan pemandangan pantai yang indah.


Pantai ini terbagi dalam pantai pasir putih serta pantai karang. Bentangan pantai ini cukup panjang dengan deburan ombak sedang. Hingga kini pantai ini masih tetap bersih dan alami. Sangat cocok untuk berjalan-jalan di pantai, berfoto ria sambil berjemur.

12. 

Subscribe to receive free email updates:

Post a Comment