6 Destinasi di Dieng yang Mampu Membuatmu Jatuh Hati Seketika

Traveling memang sudah menjadi lifestyle bagi sebagian masyarakat perkotaan khususnya di kota-kota besar. Hal ini sangat wajar, karena hidup di sebuah kota Metropolitan itu sangat menyita waktu dan pikiran , jadi sudah tak salah lagi dengan traveling dapat membuat pikiran menjadi fresh lagi.

Bagi kamu yang sudah bosan dengan Jogja dan Bali, tak ada salahnya kamu mencicipi kota lain yang tak kalah menarik. Salah satu tujuan favorite di Jawa Tengah adalah Dieng. Tentu kamu sudah sering mendengar Dieng bukan?
Wisata Dieng Via Dok Pribadi


Dataran Tinggi Dieng menawarkan wisata yang super komplit, mulai dari bagi kamu pecinta gunung sampai dengan pengagum sejarah. Semuanya sudah ditawarkan oleh negerinya para dewa ini. Saya sendiri sudah dua kali mengunjunginya, tetap saja ingin kembali lagi.

Jika kamu masih bingung dengan apa saja yang harus kamu eksplore di dieng, berikut saya rekomendasikan wisata yang harus kamu cumbui.

1. Sebelum Menjadi Saksi Hidupnya, Jadilah Saksi Hitup Dua Talaga Nan Cantik Si Talaga Warna dan Pengilon

Jika berkunjung ke Dieng, tentu dua talaga cantik ini mnejadi destinasi yang harus kamu sambangi. Bagiamana tidak, dalam waktu yang sama dan berdekatan kamu bisa langsung menikmatinya. Dua talaga yang manis ini hanya dipisahkan segerombolan rumput yang berbaris rata.



Untuk menikmati Dua Talaga ini, kamu bisa berkeliling sampai puas dan jika ingin menikmatinya diatas ketinggia, meliprilah ke Batu Ratapan Angin yaitu dua buah batu besar yang berada di atas bukit tak jauh dari dieng theater.

EDITORS PICKS

Selama di dua talaga ini, kamu bisa berkeliling dan melihat berbagai patung dan goa serta pohon pinus yang berjajaran. Pokoknya dijamin, hati yang galau akan tenang ketika berkunjung kesini.

2. Jika Stress Sedang Memuncak, Berteriak Saja di Batu Pandang Dieng Dengan Sekencang-kencangnya.

Batu pandang dieng atau yang lebih terkenal dengan Bukit Batu Pandang Talaga Warna atau Batu Ratapan Angin memang menjadi primadona untuk mengabadikan kenangan kamu. Dari sini kamu bisa melihat dengan jelas dua talaga warna yang cantik.

Batu Pandang Via Dokumen Pribadi

Untuk menuju kesini, kamu harus berjuang sebentar dengan cara mendaki kurang lebih 10 menit. Tapi jangan khawatir, lelah yang kamu rasakan akan terbayar lunas oleh pemandangan yang sangat mengagumkan. Selain itu, disini kamu bisa menjajal berbagai spot yang sangat menarik, mulai dari jemabatan merah putih sampai tebing-tebing yang menggoda.

3. Mau Menambah Wawasan Tentang Dunia Percandian, Candi Mahabarata Dieng Wajib Kamu Telusuri

Bagi  kamu pecinta sejarah dan wisata artistik, tentu candi-candi yang ada di Dieng harus kamu telusuri dan menggali informasi sebanyak mungkin dan jangan sampai lupa juga untuk mengabadikan fhoto-fhoto candi tersebut sebagai bukti jika kamu seorang pecinta candi.

Candi Arjuna Via Dokumen Pribadi

Di sebut sebagai candi Mahabarta karena hampir semua nama candi merujuk pada  tokoh pewayangan mahabarata. Mulai dari komplek Candi Arjuna, yang terdiri dari Candi Arjuna, Candi Semar, Candi Pantudewa, Candi Sambadra dan Candi Srikandi. Di sisi lain ada komplek Candi Gatotkaca yang terdiri dari gugusan Candi Gatotkaca, Setyaki, Nakula, Sadewa, Gareng, dan Petruk. Namun karena runtuh, yang tersisa hanya candi Gatotkaca.

4. Kamu Gak Jago Mendaki Tetapi Ingin Menikmati Sunrise, Bukit Sikunir Tempat Terbaiknya


Bagi kamu yang tidak bisa mendaki gunung tetapi masih ingin menikmati indahnya sang mentari bangun dari peraduannya. Maka meluncurlah ke bukit Sikunir dan jika kamu beruntung kamu akan mendapatkan view yang sangat pantastik.

Sunrise Sikunir Via Dokumen Pribadi

Tetapi tetap saja kamu harus berjuang dengan sepenuh hati meski tak selelah mendaki gunung. Untuk cerita ketika saya dan teman-teman mengunjungi bukti sikunir dapat kamu cek Sini

5. Ada Pula Gardu Pandang Tieng yang membuatmu Seolah Bisa Menyentuh Awan

Kalau kamu gak keburu muncak ke Prau atau Bukit Sikunir, masih ada gardu pandang Tieng yang juga sanggup menampilkan keindahan matahari terbit dan negeri di atas awan dari Dieng Plateau. Dari gardu di ketinggian 1789 mdpl ini, kamu masih bisa menikmati indahnya gumpalan awan bergulung di bawah kakimu, menutupi pemandangan desa-desa yang serupa maket miniatur. Apalagi, gardu pandang ini mudah dijangkau karena berada di pinggir jalan. (Sumber hipwee.com)


Gardu Pandang Tieng Via http://www.wisatadieng.com


6. Ingin menikmati keelokan Negeri di Atas Awan yang lebih menantang? Camping-lah di puncak gunung Prau dan nantikan terbitnya matahari di cakrawala

Selain Bukit Sikunir, ada lagi tempat istimewa untuk menyaksikan indahnya golden sunrise, yaitu di puncak Gunung Prau. Gunung Prau ini adalah gunung yang santai tapi menantang dengan puncaknya yang sangat luas. Tak heran jika di akhir pekan para pendaki berbondong-bondong nge-camp di atas sana, sampai-sampai puncaknya penuh tenda.

Gunung Prau Via @anggiafandy

Ada dua jalur yang biasa dilewati pendaki, salah satunya adalah jalur pendakian melalui Desa Patak Banteng, Dieng. Jalur ini lumayan curam tapi juga jalur tersingkat untuk sampai ke puncak. Cukup 3 jam mendaki, kamu udah bisa sampai ke puncak. Makanya, gunung ini pas buat pendaki yang masih pemula.\

Sebenarnya masih banyak lagi yang harus kamu kunjungi disini, mulai dari kawah sikidang, theater sampai dengan mencicipi makanan khas dieng yaitu mie ongklok.

Biaya-Biaya Traveling ke Dieng

1. Tike Bus Bandung - Magelang dan Angkot serta Ojek Rp. 180.000
2. Bensin PP Temanggung Dieng Rp. 50.000,-
3. Tiket Masuk Kawasan Dieng Rp. 15.000,-
4. Tiket Masuk Talaga Warna Rp. 15.000,-
5. Tiket Masuk Batu Ratapan Angin 2 oranf Rp. 20.000,-
6. Penginapan semalam Rp. 150.000,-
7. Makan dan Jajan Rp. 200.000,-
8. Tiket Bus Temanggung Jakarta Rp. 140.000,-

Subscribe to receive free email updates:

Post a Comment