Temanggung Gak Melulu Soal "Tembakau", 6 Alasan Kamu Mencumbui Kota Temanggung yang Bisa Membuatmu Tersenyum

Sebagai salah satu kota yang paling tersohor dengan tembakaunya, tentu Temanggung sudah tak asing lagi bagi kamu traveler. Apalagi bagi kamu yang suka tracking ke Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing, kota ini sudah sering kamu sambangi.

Wisata Temanggung Via wisatalengkap.com
Tapi, tunggu dulu. Keindahan Temanggung bukan Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing Saja. Masih banyak destinasi-destinasi yang harus kamu sambangi di kota dengan julukan kota tersenyum ini. Selama traveling di temanggung dalam waktu dua hari, Team anak kos mendapatkan teman baru dan pengalaman baru. Jadu kamu juga harus segera  mengunjunginya juga.

Simak yuk, hasiil traveling team anak kos berikut:

1. Menikmati Hujan dan Kabut Nan Menawan di Wisata Alam Posong

Bagi kamu pecinta kabut, kamu harus berkunjung ke Wisata Alam Posong di Temanggung. Memang jalan untuk menuju kawasan ini sangat terjal dan penuh dengan tracking. Jika kamu berasal dari magelang, waktu yang kamu butuhkan bisa mencapai kurang lebih 2 jam dengan menggunakan Motor.

Dataran Tinggi Posong merupakan sebuah objek wisata alam yang menyuguhkan pemandangan Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing secara jelas dan dekat jika tidak mendung atau kabut. Selain itu, kita juga dapat menikmati sunrise dari situ.

Menikmati Kabut di Posong

Kebetulan saya dan teman kemaren mengunjungi temanggung dengan cuaca hujan, meski sangat dingin, kamu bisa menikmati alam posong dengan cara berbeda, kamu akan disuguhkan dengan hujan kabut yang membutamu terkagum-kagum.

Dengan rimtikan hujan yang syahdu, kamu bisa ngopi bersama sahabatmu sambil bergurau dengan poedagangnya. Pedagang-pedagang yang ada di posong sangat ramah dan asyik untuk di ajak ngobro. Miss you pedagang posong.

Menelusuri Posong Bersama Sahabat Baru di Temanggung

Masih dibawah rintikan hujan, kamioun beranjaka dari posong, selama perjalanan dari posong ke posko kamu harus berhati-hati, jalanan yang menurun serta curam membuat kami bekerja keras supaya tidak terjatuh.

Biaya Tiket Masuk dan Parkir 2 Motor Rp. 25.000,-
Biaya makan dan ngopi di Posong Rp. 49.000,- Per 3 orang

2. Istirahat Sejenak sambil Mengumpulkan Sisa-Sisa Tenaga di Kledung Pass


Setelah puas dengan pemadangan posong, kami melanjutkan perjalanan menuju kledung pass yang tidak jauh dari posong. Hanya dibutuhkan waktu kurang lebih 30 menit untuk menuju kledung dari pos awal posong.

Kledung Pass
Jika kamu sangat beruntung dan hari cerah, kamu bisa menikmati pemandangan utama kledung pass yaitu view gunung sumbing yang sangat menawan. Tapi jika musim hujan kamu hanya bisa menikmati gunung sumbing yang ditutupi awan.

3. Mencumbui Kabut Tipis Nan Manis di Embung Kledung

Tak jauh dari kledung pass, kami pun melanjutkan perjalanan menuju Embung Kledung. Berkat teman yang pea serta yang harus dipaksa dulu untuk bertanya, akhirrnya diapun bertantanya dengan bahasa jawa yang pasih dimana lokasi embung kledung ini.


Untuk mencapai embung kledung tidak begitu sulit, hanya jalanan yang cukup terjal yang akan menemani perjalanan kamu. Sebenarnya emgungnya sendiri kurang menarik bagi saya, hanya saja lingkungan sekitarnya yang membuatnya semakin cantik.

Berbagai hasil sayur mayur seperti koll dan cabe kamu bisa temukan disini, berserta hasil utama dari kota ini yaitu jambu biji.



 4. Menikmati Air Nan Jenrih dan Lengat yang Cerah di DAM Kembang Sari. Segar !!!

Awalnya, Dam kembang sari bukan menjadi tujuan list eksplore temanggung, hanya saja motor yang kami bawa bocor di dekat dam itu, sambil menunggu tambal ban akhirnya keliling-kelinglah di Dam. Dam ini sering dijadikan warga sebagai tempat menacing.

Dam Kembang sari

Udara di sekitar dam ini sangat sejuk dan nyaman, kamu bisa menaiki perahu kecil yang ada disini atau hanya sekedar bersantai bersama orang terkasih dan sahabat. Air yang mengalir di DAM ini sangat tenang dan bisa membuat kamu nyaman.

5. Swiss Ala Temanggung Itu Disebut Desa Tlogo Pucang

Yup, suasana di desa itu memang asyik dan menyenangkan asal jangan selamanya di desa saja (haha), bukan karena tak samggup hidup disana, hanya saja tempat mencari nafkah ada di Ibukota. Embung Tlogopucang yang berlokasi di Desa Tlogopucang, Kandangan, Temanggung. Lokasi ini masih sejalur dengan DAM Kembangsari kok. 

 
Tak banyak yang bisa dilakukan disini, hanya menikmati suasan khas pegunungan yang bisa menenangkan dirimu. Sejauh mata memandang, kamu akan disguhukan pepohonan yang hijau serta view gunung sumbing dan sindoro.


6. Ngadem Sejenak di Hutan Pinus Rowo Senang yang Selalu Bisa Membuatmu Tenang

Barisan mantan itu memang kadang menyimpan kenangan yang manis dan pahit, dan setelah menjadi mantan biasanya akan berakhir dengan tragis. Bagaimana dengan barisan hutan pinus? Wah tentu sangat berbeda, hutan pinus itu selalu memberikan kedamaian bagi siapapun.

Sebenarnya hutan pinus sangat banyak berkeliaran di kota penghasil tembakau ini, tapi jika kamu sedang traveling ke Tlogo Pucang, sempatkanlah untuk mampir ke hutan pinus yang ada dipinggir jalan, tinggal pilih saja mana yang terbaik menurut mu.

Biaya-biaya traveling di Temanggung.

1. Tiket dan Parkir Posong Rp. 25.000,- Per 3 Orang
2. Makan dan jajan di posong Rp. 49.000,- per 3 orang
3. Bensin selama di temanggung Rp. 40.000,-
4. Makan Pagi dan malam Rp. 100.000,- selama 2 hari

JIka artikel dan pengalaman team anak kos bermanfaat. Silahkan koment dan share yaa !!

Subscribe to receive free email updates:

Post a Comment