Dear Anak Kos, 6 Hal ini hanya Kamu yang Bisa Pahami di Bulan Puasa

Puasa memang moment yang ditunggu-tunggu oleh kaum muslim di dunia ini. Karena bulan Ramadhan merupkan bulan yang penuh berkah, rahmad dan ampunan. Dalam bulan ini semua amal kebaikan diberikan ganjaran berkali lipat.

Sumber : www.brilio.net

Namun bagi Anak rantau dan kos, tentu bulan ini juga merupakan bulan yang sangat penuh suka duka. Bagaimana tidak, hidup di rantau orang dan jauh dari sanak keluarga tentu menjadi sebuah tantangan dan harus kamu jalani seorang diri.

1. Sering Melewatkan Sahur karena Kesiangan


Sahur merupakan sumber energi yang sangat dibutuhkan untuk menjalani puasa. Tapi bagi anak kos, hal ini sering dilewatkan karena kesiangan. Hal ini disebabkan karean tidur terlalu malam sehingga susah bangun, lupa menyetal alarm atau tidak dibangunin sama teman kosan.

2. Sahur dan Buka Puasa Bareng Teman Kosan Memang Menjadi Jurus Jitu Pengganti Keluarga

Jika bagi kamu yang hidup ditengah-tengah keluraga, sahur dann buka puasa dimeja makan bersama keluarga dan penuh kehangatan. Maka kami anak kos pun dapat melakukakannya dengan bersama-sama tetapi bukan dengan keluarga melainkan dengan teman kosan yang lainnya.


Sumber : http://hkrratna.blogspot.co.id

Bahkan dengan seringnya sahur dan buka puasa bersama akan menambah tali persaudaaran kami, bagaimana tidak, teman kosan adalah orang yang ketemu setiap hari pengganti keluarga. 

3. Berbuka di Tempat yang Berbeda setiap Hari


Sebagai anak kos yang sering melakukan kegiatan bersama-sama, tentunya kami para anak kos tidak ingin melewatkan momen kebersamaan di bualn Ramadhan.

Biasanya kami para anak kos, akan menentukan tempat buka bersama pada weekend (sabtu dan minggu) karena pada hari weekdays kami sibuk dengan pekerjaan kami ataupun kuliah kami.

4. Mencari Masjid yang Berbeda untuk Shalat Taraweh


Jika bagi kalian yang hidup bersama keluarga, taraweh biasanya dilaksanakan di masjid-masjid terdekat dan bareng sanak family. Kami para anak kos melakukan taraweh di tempat berbeda.


Sumber : http://punyasaya.co

Keunikan  taraweh dan kebiasan-kebiasaan di tempat masjid yang kami kunjungi, membuat kami semakin banyak menimbah ilmu pengetahuan.

5. Bagi Teman Kami yang tidak puasa, kesulitan mencari makan siang


Kadang-kadang dalam satu kosan, pasti terdiri dari berbagai agama dan daerah, Jadi kami sudah terbiasa saling menghargai. Bagi teman kami yang non muslim akan kesulitan mencari makan siang dan bahkan teman kami juga sering ikut-ikutan puasa.

Sumber : http://news.okezone.com
Teman non Muslim yang sering ikutan puasa misalnya teman kosan kami Tika. Dia bahkan bangun ketika sahur karena mendengar kami lagi sahur sambil berbincang-bincang.

6. Buka Puasa Gratis merupakan salah satu berkah ramadhan bagi anak kos


Salah satu berkah tersendiri bagi anak kos seperti kami adalah buka puasa gratis bahkan ada juga yang sampai berburu makan gratis ke Masjid-masjid. 

Sumber : http://www.bintang.com
Tapi, saya sendiri tidak sering melakukan ini karena sudah selalu mendapat takzil dari kantor ketika pulang kerja, paling saya melakukan perburuan makan gratis ketika weekend dan ingin menikmati buka puasa di masjid-masjid yang ramai di kunjungi seperti Istiqlal Jakarta.

Subscribe to receive free email updates:

Post a Comment