3 Hal yang Dapat Membuat Hati Menjadi Keras

Bulan Ramdahan memang sangat berbeda dengan bulan lainnya. Selain semua amal ibadah dilipatgandakan pahalanya. Kegiatan kita juga sangat berbeda, misalnya ketika istrahat jam kerja ( 12.00 - 13.00 WIB), biasanya saya langsung makan siang tetapi sekarang mengikuti kajian islam di masjid setelah shalat zhuhur.

Awalnya gue tidak begitu serius mendengarkan ceramahnya, tetapi kali ini ustadnya memberikan materi yang sangat unik, menurut gue sech unik yaitu tentang "Kerasnya Hati"

Dan berikut ilmu yang saya dapatkan dan saya share semoga bermanfaat. 

Islam merupakan agama Rahmatan Lil Alamin yang artinya agama yang membawa rahmat dan kesejahteraan bagi makhluk hidup di dunia ini. Selain itu, islam juga mengajarkan berbagai hal, mulai dari yang bersifat duniawi sampai dengan akhirat.

Sumber : google image
Karena islam mengajarkan semua hal, masalah hati juga menjadi hal yang harus kita tahu sebagai seorang muslim. Hati merupakan salah satu organ tubuh yang sangat istimewa karena dapat mencerminkan baik dan buruknya amalan seseorang.

Dianjurkan untuk sorang muslim supaya menjaga hatinya dan tidak terjangkit penyakit hati seperti iri, dengki, sombong dan lainnya. Tetapi sangat sulit untuk menjaga hati kita supaya tidak terjangkit dengan penyakit tersebut.

Seorang muslim dianjurkan untuk menjaga hatinya tetap lembut supaya mudah menerima hidayah, menerima kelebihan orang lain dan sifat baik lainnya. Namun, Menjaga hati bukanlah perkara mudah. Ada beberapa hal yang membuat hati kita keras, diantaranya adalah :

1.Tertawa secara berlebihan ( Banyak Tertawa)


Seorang umat muslim dianjurkan tidak banyak tertawa karena tertawa dapat mematikan hati sesuai dengan hadist Rasullah SAW yaitu " Sedikitlah tertawa, karena banyak tertawa akan mematikan hati" (shahih adabul mufrad :252)

Sebenarnya dalam agama islam tertawa itu dibolehkan tetapi ada batasannya. Misalnya tertawa tidak terbahak-bahak.
 

2. Makan ketika belum Lapar ( Banya Makan)


Orang yang banyak makan akan mengakibatkan berbagai efek, misalnya berat badan tidak idela dan mudah terserang penyakit, malas serta hatinya menjadi keras.

Terus apa hubungannya antara banyak makan dengan hati yang keras? Awalnya sech gue sendiri masih ragu, tetapi dengan hadist berikut rasa keraguan itu hilang.

“Tidak ada wadah paling buruk yang diisi manusia selain perutnya, cukuplah seorang anak Adam makan beberapa suap makanan saja yang dapat mengokohkan tulang punggungnya. Jika memang ia harus mengisi perutnya maka hendaknya ia mem-berikan sepertiga untuk makanannya, sepertiga untuk minumannya dan sepertiga lagi untuk nafasnya”. { HR. At-Tirmidzi}

3. Bicara Tanpa Batas (Banyak Bicara)


Sebenarnya bicara itu sah-sah saja tetapi jangan sampai menyinggung perasaan orang atau menyebar fitnah yang dapat membuat hati orang terluka dan menambah dosa bagi kita. Selain itu, berbicara berlebihan dapat berdampak dengan kerasnya hati kita.

Hal ini sesuai dengan sabda Nabi Muhammad SAW, " Tidak akan lurus iman seorang hamba hingga lurus hatinya. Dan tidak akan lurus hatinya hingga lurus lisannya". [ HR. Ahmad ].

Subscribe to receive free email updates:

Post a Comment