Wisata Pulau Taliabu yang Membuat Liburanmu Tak Abu-Abu

Sahabat, Pernah dengar Pulau Taliabu? Apa yang kamu pikirkan dengan pulau ini? Sudah pernah berkunjung kesana? Jika sudah atau belum, yuk simak artikel tentang Pulau Taliabu!!!

Sekilas Tentang Pulau Taliabu


Pulau Taliabu merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Maluku Utara, Indonesia. Pulau ini juga merupakan hasil pemekaran dari kabupaten Kepulauan Sula yang disahkan dalam sidang paripurna DPR RI pada 14 Desember 2012.

Baca Juga : Menyusuri Wisata Ternate si Kota Benteng


Pulau Taliabu terdiri dari 8 Kecamatan yaitu Kacemtan Bobong, Nggale, Samuya, Losseng, Pancadu, Gela, Lede dan Tabona.

Pesona Wisata Pulau Taliabu


Sebagai kepualuan, sudah barang tentu wisata baharinya menjadi andalan di pulau ini. Spit diving, snorkling dan panorama alam serta pantai menjadi objek wisata yang menjadi primadona di pulau ini. Selain itu, masih terdapat keragaman wisatanya mulai dari wisata Alam, Kuliner sampai dengan budayanya. Yuk Intip, pesona pulau ini yang harus kamu kunjungi sahabat.

Image By : Wisata Indonesia

1. Mengintip Labirin-Labirin Goa di Pulau Samada Besar


Pulau Samada Besar merupakan surganya wisata pantai di Taliabu, Maluku Utara. Bagaimana tidak? Pantai ini menawarkan pasir putih yang halus, terumbu karang yang sangat beragam dan berbagai bentuk seperti karang meja serta pohon pinus di sepanjang pinggir pantai.

Diving dan snorkling merupakan hal yang wajib kamu lakukan jika mengunjungi pulau ini karena keindahan lautnya mampu menghipnotismu. Selain itu, keunikan dari pulai ini adalah terdapat labirin-labirin yang membentuk goa dan biota-biota yang unik seperti farrot fish, cardinal fish, blue spot sting-ray dapat kamu temukan disini.

2. Mendengar Kalimat Syahadat di Air Terjun Kalimat


Sebagai seorang ummat muslim, kamu tentu sudah tak asing lagi dengan dua kalimat syahadat. Apakah kamu tahu tentang Air Terjun Kalimat? Konon katanya di Air Terjun Kalimat ini sering terdengar bunyi kalimat syahadat sehingga disebut sebagai Air Terjun Kalimat.


Air terjun ini berada di Desa Jorjago, Kecmatan Taliabu Utara, Maluku Utara. Sama pada umumnya dengan air terjun, kamu bisa berbasah-basah ria disini. View lanscape hutan nan hijau menambah eksotisme air terjun ini.

3. Menjelajahi Hutan Hujan Semi di Cagar Alam Pulau Seho


Sebagian besar kawasan Pulau Seho ditetapkan sebagai Kawasan Cagar Alam berdasarkan SK Menteri Pertanian pada tahun 1972 dengan luas 1.250 Hektare. Pulai ini secara administratif berada di kecamatan Taliabu Barat, Kabupaten Maluku Utara.

Menjelajahi alam merupakan kegiatan utama di Pulau ini. Berbagai jenis hewan dapat kamu temukan disini, seperti burung, Raja Perling Sula, Gosong Sula. Kepudang Sungu Kelabu dan lainnya. Selain itu, disini kamu bisa rekreasi alam terbatas, mendaki gunung serta bisa melakukan penelitian lapangan baik flora dan fauna.

4. Mendengar Lengkingan Anak Anjing di Pantai Pasir Anjing


Ngiik,.. Ngikk,.. Ngikkk. Begitulah suara lengkungan anak anjing yang sering sahabat dengar. Tapi apa jadinya jika bunyi tersebut bukan berasal dari anak Anjing melainkan dari Pasir Putih? Mungkin kejadian ini memang sangat langka, tetapi kenyataannya memang ada. Pasir putih jika di injak akan menghasilkan suara lengkingan anak anjing. Percaya gak? Jika belum percaya, melipirlah ke Pantai Pasir Anjing.

Pantai ini berada di Desa Jorjoga, Kabupaten Pulau Taliabu, Maluku Utara. Selain lnegkingan suara anak anjing, pantai ini juga menawarkan pasir putih yang menawan dan memanjang sekitar 3,5 kilometer. Dari luas tersebut, tidak semuanya mengeluarkan lengkingan anak anjing jika di injak, hanya 50 meter persegi yang bisa menghasilkan bunyi tersebut. Jadi kamu harus bertanya, jika ingin mendengar suara tersebut sahabat.

5. Mengulik Keindahan Bawah Laut Pulau Empat yang tak kalah dengan Raja Ampat


Mungkin selama ini kawasan Raja Ampat menjadi surganya diving dan snorkling bagi pecinta keindahan bawah laut. Upss, itu benar sekali. Tapi di Maluku juga punya loh sahabat. Namanya Pulau Empat. Dinamakan pulau empat karena di pulau ini terdapat empat pulau kecil yang saling berdekatan. Jadi jika berkunjung kesini, kamu mendapat keuntungan empat pulau.

Berbagai jenis hewan laut dan terumbu karang kamu bisa temukan disini. Tapi ada satu keistimewaan biota laut disini yaitu ikan fife  fish. Konon katanya, ikan ini sangat sullit ditemukan di tempat lain karena ikan ini hanya ada di pulau ini. Setelah kamu mneyelam pada kedalam 4 sampai dengan 7 meter, kamu akan menemukan perairan yang menyerupai atap pada bagian atasnya seperti membentuk suatu goa dan dikelilingi oleh ikan-ikan berukuran besar.

6. Menikmati Keindahan Pantai dan Desa Lede yang Menawan


Ingin menikmati pedesaan yang jauh dari hiruk pikuk kota dan mempunyai pasir putih nan indah? Jika iya, maka kamu harus mengulik-ngulik Desa Lede dan Pantai Lede. Desa Lede memang menawarkan pasir putih yang luas yang ada di Pantai Lede.



Selain pasir putih sepanjang 3 km, kamu dapat melihat biota laut ketika diving maupun snorkling. Berbagai jenis bioata laut akan menjadi suguhan disini, ssperti wonderpus, giant bobby dan jenis ikan karang yang bergerombol lainnya. Setelah puas dengan kegiatan laut, saatnya santap siang dan menikmati keindahan desa dengan cara mengelilingi desa atau sekedar berbaur dengan masayarakatnaya. Suatu pengalaman yang berharga bukan sahabat.

7. Tikung Pacar Baru yuk di Pantai Tikong


Pantai dengan pasir putih kekuning-kuningan ini memang mempesona bagi pengunjungnya. Barisan pohon kelapa di pinggir pantai menambah daya tarik bagi wisatawan. Kamu bisa menikmati sunsed yang mmemukau disini bersama sahabat atau kekasih kamu. Pantai ini berada di Desa Tikong sebelah utara Pulau Talibu.

8. Berkelana di Dua Tanjung, Tanjung Kodipo dan Tanjung Kramat


Kamu penggemar biota laut dengan ukuran besar? Kamu dapat melihat biota laut dengan ukurun besar dan bisa menjumpai beberapa jenis ikan hiu yang terperangkap dalam jaring nelayan.Tidak banyak yang dapat dilakukan disini. Hanya penikmat biota laut yang menjadikannya sebagai surga diviing. 


9. Keindahan Bawah Laut Pulau Tabala yang Dahsyat


Untuk pecinta diving, Pulau Tabala ini merupakan surganya bagi para penikmat alam bawah laut. Bagaimana tidak, keindahan yang ditawarkan tidak ada lagi duanya. Beberapa jenis gobby, pipe wish, flat worm dan beberapa jenis ikan kecil warna-warni menjadi penghuni tetap pulau ini.

Ada keunikan sendiri di pulau ini, tapi ini hanya menurut warga setempat. Ada sebuah danau yang dihuni oleh buaya danau yang berkeliaran. Seram juga ya, jika diving ada buayanya. Tapi bagi yang ingin menguji adrenalin, kamu dapat mengabadikan fhoto buaya ini atau selfie bareng buaya. Gubrak.:)

10. Mencicipi Kuliner Khas Taliabu yang Menggoyang Lidah


Tak lengkap rasanya, jika ke Taliabu tanpa mencicipi lezatnya makanan khasnya. Makanan khas laut tentu menjadi hal yang sangat mudah ditemukan disini. Tapi sayang sekali jika kamu hanya menikmati seafood doang. Sahabat harus mencoba ikan asaf fufu, gohu ikan dan halua kenari.

11. Berbahagialah dengan Tari Cakalele


Jika kamu beruntung, kamu dapat menyaksikan Tari Cakalele. Tari ini merupakan tarian perang tradisional yang digunakan untuk menyambut tamu ataupun dalam perayaan adat. Tarian ini dilakukan secara berpasangan dengan jumlah 15 sampai dengan 30 orang. Tarian ini juga diiringi musik dengan iringan musim drum.





Subscribe to receive free email updates:

Post a Comment