Unik, Goa Sayuragi Mirip Candi Nan Penuh Mitos

Sobat traveler? Sudah pernah traveling ke Cirebon belum? Jika sudah pernah pasti sudah tak asing lagi dengan Goa Sayuragi? Tapi apakah kamu tahu jika goa ini ternyata sangat mirip dengan bangunan candi. Jika belum yakin, coba lah perhatikan dengan seksama.

Jika selama ini goa identik dengan di bawah tanah dan penuh perjuangan untuk menelusrinya, maka sayuragi sangat berbeda. Di sini kamu dengan sangat mudah menelusurinya dan tentunya tidak perlu perjuangan yang ekstra dan bebas dari bau.


Goa Sunyaragi atau disebut juga Taman Sari Gua Sunyaragi dibangun di atas lahan seluas 15 Hektar dan terdiri dari dua bagian utama. Di bagian pertama ada pesanggarahan, yang terdiri dari beberapa ruang tidur dan ruang rias. Sedangkan di bagian kedua adalah goanya sendiri. Goa ini bebbentuk gunung-gunungan dan dilengkapi terowongan penghubung bawah tanah dan saluran air.

Selain berbentuk seperti candi, ternyata goa ini mempunyai keunikan lainnya. Percaya gak percaya   ternyata goi ini juga mempunyai mitos enteng jodoh sampai sulit jodoh. 

Mitosnya, barang siapa memegang patung batu perawan maka akan sulit jodoh. Sebaiknya jika berkunjung kesini kamu memakai tour guide biar tidak salah memegang patung-patung yang ada disini. 

Tapi kebalikannya, jika kamu belum punya jodoh atau sudah punya kekasih, ada baiknya kamu masuk ke goa Kelanggengan. Di dalam goa ini terdapat sebuah patung berbentuk manusia, berwujud garuda yang dililit ular yang maknanya pemimpin yang berkuasa tidak boleh lupa akan tanggung jawabnya.

Apapaun tujuan kamu, yang pasti jika berkunjung ke cirebon, Melipirlah ke Goa Sunyaragi. Sumber Image Korek Traveler.

Selain berbau mitos, goa ini juga konon katanya berfungsi untuk menigkatkan ilmu kanuragan. Bagian-bagian gua ini yang sering dijadikan sebagai tempat bersemedi dan menambah ilmu kanuragan antara lain :

1. Bangsal Jinem
2. Goa Pengawal
3. Kompleks Mande Kemasan
4. Goa Pandekemasang
5. Goa Simanyang
6. Goa Langse
7. Goa Peteng
8. Goa Arga Jumud
9. Goa Padang Ati
10. Goa Kelanggengan


Subscribe to receive free email updates:

Post a Comment