Lima Fakta Unik Masjid Raya Batam

Setiap kota di Indonesia mempunyai Masjid Raya masing-masing. Masjid Raya ini biasanya sangat besar dan megah, karena sebagai salah satu simbol kebanggaan masayarakatnya. Begitu juga dengan Kota Batam. Kota indsutri ini mempunyai masjid raya nan megah dan indah bernama Masjid Agung Batam atau Masjid Raya Batam (MRB)

Jika traveling ke Batam, Jangan lupa memasukkan Masjid Agug Batam sebagai list tujuan kamu. Sebagai informasi bagi kamu, usahakan berkunjung di sore hari atau malam hari, kamu dapat shalat di masjid dan tentunya menambah nilai religi tersendiri.

http://mandiriransel.blogspot.co.id/2016/01/lima-fakta-unik-masjid-raya-batam.html

Tapi, banyak yang tidak tahu. Bahwa Masjid Agung Batam mempunyai keunikan jika dilihat dari berbagai sisi, berikut sobat ransel keunikan tersebut yang berhasil di rangkum dan atas pengamatan saya selama berkunjung di Masjid ini :

1. Merupakan Salah Satu Masjid Raya Termuda di Indonesia

Jika masjid raya di kota-kota yang ada di Indonesia rata-rata sudah berumur ratusan tahun seperti Masjid Raya Almashun Medan 108 Tahun dan Masjid Raya Pekanbaru kurang lebih 252 Tahun. Maka Masjid Raya Batam berumur kurang lebih 15 Tahun.

Masjid Raya Batam mulai dibangun pada tahun 1999. Jadi umur masjid ini kurang lebih 15 Tahun yaitu (1999 - 2015).

2. Unik, Masjid Raya Batam Berbentuk Piramida

Jika selama ini, bentuk piramida merupakan kuburan-kuburan raja di masa dahulu di mesir atau tempat pemujaan bagi rakyat mesir. Maka, tak perlu jauh-jauh ke Mesir untuk melihat piramida dan tentunya Piramida ini sangat jauh berbeda fungsinya dengan yang ada di Mesir.

Bentuk piramida dapat dijadikan sebagai simbol daya tarik masjid ini, dan tentunya makin banyak ummat muslim yang mengunjungi dan beribadah di Masjid ini.

3. Di Desain Oleh Arsitektur terkemuka Indonesai yaitu Ir. Achmad Noe'man

Siapa yang tidak kenal dengan Ir Achmad Noe'man, dia sudah banyak mendesain bangunan masjid-masjid indah di Indonesia seperti Masjid Baiturrahman di Kawasan Istana Negara Jakarta, Madjid Al Marqas Al Islami di Makasar, Masjid Salman ITB Bandung dan Masjid Al Furqan di lingkungan universitas Pendidikan Indonesia Bandung.

4. Berada di Pusat Kota Batam

Masjid raya batam berada di lokasi yang sangat strategis dan pusat kota tepatnya di Jalan Engku Putri Batam yang berada di kawasan Batam center yang merupakan pusat pemerintahan kota batam. Selain itu, masjid ini berseberangan dengan alun-alun kota batam dan berhadapan langsung dengan kantor Otorita Pengembanagan Pulau Batam atau BIDA (Badan Industrial Depelovment Autority).

5. Luas dan Fasilitas Lengkap

Berbicara tentang failitas, Masjid Raya Batam mempunyai fasilitas yang sangat mewah, dimulai dari adanya plaza shalat, selasar tertutup, fasilitas penyandang cacat, plaza qurban, parkir yang luas dan taman nan cantik dan hijau.

Selain itu, Masjid Raya Batam dibangun di atas lahan seluas kurang lebih 75.000 m2 dan dilengkapi menara setinggi 66 Meter. Dengan luas masjid tersebut, masjid ini mampu menampung jamaah sebanyak kurang lebih 3.500 Jamaah di dalam masjid dan kurang lebih 15.000 Jamaah di luar masjid (lingkungan masjid).

Subscribe to receive free email updates:

Post a Comment