Jakarta I, Kau Menggoda dan Menyiksa "Ku"

Tak terasa sudah lebih 4 tahun gue hidup di Jakarta. Gue masih ingat persis, setelah selesai wisuda, gue pindah dari Jogjakata yang notabennya kota paling aman dan nyaman di Indonesia. Selama 3 tahun 6 bulan gue hidup di Jogjakarta, semua berjalan lancar dan penuh kenangan. 

Singkat cerita, gue di jakarta klo gak salah tanggal 22 Desember 2011. Dan gue kerja di salah satu perusahan di sudirman, inilah tempat kerja pertama gue di Jakarta dengan gaji Rp. 2.500.000 per bulan. Dengan gaji segitu, lumayan cukuplah buat gue sebagai seorang yang masih single.

Semakin lama di Jakarta, semakin banyak tau tentang jakarta. Mulai dari icon kota jakarta sampai dengan mall-mall di Jakarta. Gaya hiduppun mulia berubah, dan banyak bencana serta pengalaman yang tidak bisa dilupakan. Mulai dari Masalah Pekerjaan sampai dengan teman dan gebetan.


Oke, pertama gue bahas masalah pekerjaan dulu sobat. Gue saranin jangan datang ke jakarta jika belum mempunyai pekerjaan ataupun keahlian, karena di jakarta itu lebih kejam dari ibu tiri. Ini dia pekerjaan yang pernah gue singgahi :

1. KAP Thomas, Blasius, Widartoyo dan Rekan

Dari namanya saja sudah pasti pekerjaannya tentang audit. Ya, memang gue mendapatkan pekerjaan ini berdasarkan info dari kaka kelas di kampus. Dari kampus gue bertiga orang mengambil job ini, gue, dwi dan beni. Kami bertigalah yang menerima job ini.

Perlahan tapi pasti, beberapa bulan kerja di jakarta, kamipun mulai bekerja dengan giat dan rajin. Tapi baru beberapa bulan, beni resign karena tidak kuat dengan perlakuan dan perkataan bos, mungkin bagi dia sebagai yang terbias slow alias woles tidak cocok dengan kerjaan ini. Dan sampai sekarang beni kerja di Tangerang. Klo gak salah beni hanya bertahan 4-6 bulan.

Tak berbeda dengan beni, dwi juga memutuskan untuk resign. Dengan alasan yang hampir sama dengan beni, akhirnya dia memutuskan kembali lagi ke Jogja dan sekarang kerja di Jogja. Sedangkan gue sendiri, masih betah dan bertahan sampai Juni 2013.

Selama kerja disini, gue merasa nyaman karena bos gue sendiri sudah seperti ayah gue sendiri, Dia sangat perhatian kepada gue, mulai dari urusan agama sampai dengan urusan asmara, dia selalu rajin menanyakan ke gue. I Thinks it's oke, karena memang gue jauh dari keluarga.

Masa Kerja : Desember 2011 - Juni 2013

2. PT. Sari Ayu Indonesia

Awalnya, gue mengajuin resign ke bos, karena gue ditawarin kerja di perusaan ini. Padahal waktu itu, gue sedang mengaudit perusahaan ini (klien kami). Tapi, tak sengaja gue ketemu dengan boz dan dia tahu gue kerja disini. Anehnya, dia gak mau lanjutin audit perusahaan ini sebelum gue balik kerja dengan dia lagi.

Dan akhirnya, gue memutuskan untuk bergabung lagi dengan si bos. Walaupun awalnya gue gak nyaman lagi dan pada akhirnya, seminggu kemudian sudah seperti biasa lagi. Paling cuma di ingatin, klo mau pindah kerja, kasih tau sebulan sebelumnya. Emank gue resign mendadak waktu itu.

Masa Kerja : Cuma 7 Hari, lupa tanggalnya.

3. PT. KCTC Samudera Logistic (KSL)

Sebanarnya gue belum mau resign tetapi berhubung si bos, mau pindahan dan kerja di rumah, akhirnya terpaksa gue resign. Dan inilah buktinya, klo memanga dia bertanggungjawab dan sayang sama gue. Dia mencarikan kerjaan buat gue, yang notabennya sangat sulit mencari kerja ketika dibutuhkan.

Dia memasukkan gue ke perusahaan ini melalui link yang dia punya. Dan akhirnya gue diterima kerja disini berkat boz. Terimakasih banyak ya boz. Disini gue mengerjakan semua hal, mulai dari finance, accounting, tax sampai dengan HRD. Karena memang perusahaan ini masih baru, baru 6 bulan ketika gue masuk dan belum mempunyai laporan keuangan dan sistem keuangan.

Dan akhirnya, gue lah yang membuat laporan keuangan mulai perusahaan ini berdiri sampai mempunyai sistem sendiri. Serta melaporkan semua jenis pajaknya. Dan tentunya, gue juga harus menghadapi audit di akhir tahun.

Dan alhamdullah yang mengaudit perusahaan gue adalah mantan boz gue, dan otomatis gue menjamu boz gue seperti ayah sendiri karena memang kangen juga dan bahkan gue ngerjain kertas kerja buat auditnya juga.

Oh ya, perusahaan tempat gue ini bekerja merupakan perusahaan yang bergerak di bidang logistik dan joint venture antara perusahaan korea dan indonesia. Jadi, gue sendiri mempunyai boz indonesia dan korea. 

Dan akhirnya gue memutuskan resign, karena perlakuan boz indonesia yang kurang memperhatikan bagian keuangan, berbeda bangat dengan bagian operasional. Sebelumnya, teman gue, mba melisa sudah memutuskan resign karena ada adu mulut antara dia dan boz indonesia. Dan akhirnya, semua kerjaan jatuh ke gue. Dua bulan kemudian gue memutuskan resign dengan alasan gaji sama tetapi kerjaan nambah.

Sebenarnya, boz korea sangat baik dan menyarankan jangan resign nanti akan ada penambahan gaji ketika perusahaan sudah mulai maju dan berkembang. Tetapi, karena permintaan gue gak di respon sama si boz indonesia, akhirnya gue memutuskan resign.

4. PT. Maruzen Samudera Taiheiyo (MST)

Setelah resign dari KSL, gue langsung di rekrut oleh perusahaan induk gue (Samudera Indonesia Tbk) dan langsung ditempatkan kerja di MST. Tidak berbeda jauh dengan KSL, MST merupakan perusahaan yang bergerak dibidang logistik dan joint venture anatara perusahaan jepang dan indonesia.

Mungkin ini juga kerja yang paling singkat dalam hidup gue, hanya 4 hari kerja disini karena langsung dimutasi lagi ke perusahaan induk di bagian controller.

5. PT. Samudera Indonesia Tbk

Masih perusahaan serumpun dengan KSL dan MST, di sini gue ditempatkan di bagian controller dan hanya mengerjakan asset dan prepaid, hal yang sangat membosankan bukan. Tapi apa mau dikata, rezekinya hanya dapat itu.

Disini gue hanya beekerja kurang lebih 2 bulan, dan selanjutnya gue di mutasi lagi ke anak perusahaan yang bergerak di bidang shipping line.

Masa kerja : Juli 2013 - Mei 2014

6. PT. Samudera Shipping Services

Pengalaman yang paling banyak gue dapatin disini, karean tugas gue sekarang berubah totak dan jauh dari bayangan. Gue ditempatin di Sistem Informasi Accounting yang nonabenenya hanya memeriksa sistem dan mengolah semua data. Pekerjaan yang sangat berat bafi gue.

Lama-kelamaan, gue mulai merasa gak nyaman disini, bukan masalah kerjaan atau pun lingkungan kerja, tetapi hanya masalah keuangan saja. Karena semakin banyak kebutuhan sedangkan gaji masih segitu-gitu saja.

Dan saat ini gue juga lagi menacari pekerjaan yang cocok buat gue, jika kalian mau bantu jangan sungkan untuk menginformasikannya ya. Diharapkan malahan.

Masa Kerja : Juli 2014 - Sekarang

Itulah ringkasan yang gue alami di jakarta masalah pekerjaan,  untuk masalah ke dua, yaitu kos-kosan akan gue sampaikan di Jakarta Part II.


Subscribe to receive free email updates:

Post a Comment