Asyiknya Bolo - Bolo di Pulau Balabalagan

Wah, tidak terasa sudah tahun 2016. Liburan panjang sudah berakhir, tetapi semua orang mempunyai kisah perjalanan masing-masing, seperti gue yang menghabiskan liburan di Batam dan Singapura bersama teman. Nah, teman gue Nurul bersama teman-temannya malah asyik berpantai ria di Balabalagan.

Sekilas tentang Pulau Balabalagan


Pulau Balabalagan merupakan salah satu gugusan kepulauan yang ada di Kalimantan Timur secara geogarafis, namun secara administrasi masuk Sulawesi Barat, tepatnya di Kecamatan Simkep, Kabupaten Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat.

Kepulaun Balabalagan terdiri dari beberapa pulau yang tentunya memiliki panorama yang indah. Diantara pulau tersebut adalah Pulau Sabakatang, samtaha, saboyang, Popongan dan lainya.



Untuk menuju lokasi ini, dibutuhkan 8 jam dengan menggunakan kapal nelayan. Dengan perjuangan selama itu, tentunya anda tidak akan kecewa dengan apa yang anda dapatkan di pulau ini.

Hamparan pasir putih, nyiur melambai di pinggir pantai serta surga bawah lautnya yang dapat membuat siapa saja yang memandang akan berkata "Wao", satu lagi ciptaan Allah yang sudah saya kunjungi. 

Berkunjung ke suatu pulau yang berpenduduk, tak lengkap rasanya jika tidak bersosialisasi dengan para penduduk. Penduduk pulau ini sangat ramah dan wellcome, sebagai bonus bagi anda, anda dapat melihat kegiatan sehari-hari yang dilakukan penduduk yang sebagian besar nelayan.

Dan anak-anak yang ada disni sangat polos, tidak seperti anak-anak yang hidup di kota-kota metropolitan yang identik dengan gadget. Belajarlah dari kepolosan anak-anak, mungkin ada hikamh di balik semua tingkah lakunya.

Apa yang akan kamu lakukan di Pulau Balabalagan?


Berbagai macam aktifitas khas pantai dapat kamu lakukan disini. Diantaranya adalah Snorkling atau diving, Memancing dan berjemur.

Cara Menuju Pulau Balabalagan


Untuk menuju pulau ini, kamu tak perlu khawatir. Karena dapat ditempuh dari dua arah yaitu Balikpapan dan tanah Grogot. Jika kamu dari Balikpapan, kamu bisa langsung menuju Kampung Baru atau pelabuhan Penajam. Dan dari pelabuhan tersebut, kamu bisa menyewa kapal nelayan setempat untuk menuju pulau ini.

Dan jika dari Tanah Grogot. Setelah sampai di tanah grogot, kamu melanjutkan perjalanan ke Desa Lori dengan menggunakan kenderaan darat dengan jarak tempuh kurang lebih 2 jam. Di desa lori terdapat sebuah dermaga kapal. Dari dermaga tersebut dilanjutkan menggunakan kapal dengan tujuan ke pulau balabalagan.

Kiriman My Friends From Kalimantan : Nurul

Subscribe to receive free email updates:

Post a Comment