Wisata Temanggung yang Bikin Liburanmu Tak Tanggung

Temanggung sebuah kota kecil di Jawa Tengah yang jauh dari hiruk pikuk perkotaan. Kota kecil yang sangat dingin karena diapit pegunungan dengan mayoritas masyarakat petani tembakau. Temanggung sering juga di sebut Kota Tembakau.

Memang, temanggung bukan tempat wisata yang populer di Indonesia. Tak seperti bali yang menjadi tujuan wisata mancagara di Indonesia. Bukan juga seperti Jogja yang menjadi tujuan yang wajib dikunjungi sebagai traveller pemula.


Walaupun kota kecil, temanggung juga mempunyai pesona tersendiri bagi pengunjungnya. Jika berkunjung ke kota ini, melipirlah ke tempat-temapat berikut. Dijamin anda tidak akan kecewa.

1.  Curug Trocoh

Curug Trocoh berada di desa Tawangsari, Wonoboyo, Temanggung. Curug dengan ketinggian 120 Meter ini sangat indah dan dikelilingi oleh tebing-tebing hija di sekitarnya.

Selain menyajikan lanskap pegunungan yang indah, perjalanan menuju ke sini yang penuh dengan perjuangan menjadi tantangan tersenditi bagi pengunjung.

2. Dataran Tinggi Posong

Wisata dataran tinggi Posong terleatk di Desa Tlahap, Kledung. Keistimewaannya adala pemandangan sunrise yang menakjubkan dan pemandangan tujuh puncak gunung di Jawa Tengah.

Suguhan Gunung Sumbing, Merapi, Merbabu, telomoyo, andong, Ungaran dan Gunung Muria terlihat dari sini. Dengan latar belakang Gunung Sindoro yang nampak jelas dan gagah sebagai lereng tempat letak obyek wisata ini.

3. Hutan Pinus dan Umbul Jumprit

Terletak di dusun Jumprit, Tegalrejo, Ngadirejo. Disinilah salah satu surga yang ada di Temanggung, sebuah sumber air dan hulu sungai Progo yang disebut sebagai Umbul Jumprit. Dan disekitar dikelilingi oleh megahnya hutan pinus menambah kenikmatan tersendiri bagi pengunjungnya.

Selain itu, tempat ini juga diyakini sebagai perilasan kerajaan Majapahit. Dan pada saat menjelang perayaan waisak, para biksu akan mengambil air untuk mengikuti perayaan di Candi Borobudur.

4. Curug Lawe

Curug lawe berada desa Muncar, Gemawang Temanggung. Curug ini sangat istimewa, karena keindahan dan penamaannya, Dinamakan curug lawe karena air yang jatuh dari atas menjuntal mengesankan untaian benang. Dalam bahas jawa disebut lawe yang artinya sangat halus dan putih.

5. Candi Pringapus

Candi ini berada di desa Pringapus, Ngadirejo, Temanggung, kurang lebih sekitar 22 Km arah barat dari Temanggung. Candi ini merupakan candi agama hindu, hal ini dapat dilihat dari semua arca-arca yang ada di candi sangat erat kaitannya dengan dewa siwa.

Demikianlah wisata temanggung yang bikin liburanmu tak tanggung, sebenarnya masih banyak bangat wisata di sini. Tetapi, yang paling populer dan sering dikunjungi adalah yang telah dibahas tersebut.

Subscribe to receive free email updates:

Post a Comment