Tuwondo, Curug Cantik di Jogja

Yoyakarta memang menjadi salah satu destinasi favorit bagi wisatawan lokal maupun mancanegara. Di Kota pendidikan ini sangat mudah menemukan lokasi wisata di pusat kota, sebut saja malioboro dan kawasan kraton Jogajakarta.

Di Jogja juga ada wisata sejarah yang sangat terkenal yaitu candi prambanan. Tapi banyak yang tidak tahu, jika di jogja juga terdapat sangat banyak curug yang indah dan mempesona. Salah satunya Curug Tuwondo.

http://mandiriransel.blogspot.co.id/2015/12/tuwondo-curug-cantik-di-jogja.html


Sekilas Tentang Curug Tuwondo


Curug Tuwondo terletak di Dusun Lemah Abang, Desa Banyakan III, Sitimulya, Piyungan, Bantul, DIY. Curug tuwondo terbagi menjadi dua bagian, yaitu curug tuwondo atas dan curug tuwondo bawah. Curug Tuwondo atas memiliki tiga tingkata yang berdekatan dan curug tuwondo bawah juga memiliki tiga tingkatan.

Baca Juga : Ayo Berpetualang di Kota Seribu Curug


Letaknya yang dekat dengan persawahan warga piyungan membuat wisata kamu semakin lengkap. Jadi jika berkunjung ke jogja, jangan lupa basah-basahan di curug tuwondo.

Cara Menuju Curug Tuwondo


Untuk mencapai ke curug ini tidak begitu sulit, karena sudah ada rambu-rambu untuk menuju arah kesana. Jika kamu mengambil jalan arah wonosari, arahkan kenderaan kamu ke kids fun. Setelah dari perempatan kids fun, kamu harus mengambil jalan yang ke arah selatan, stimulyo, piyungan.

Setelah anda menghabiskan perjalanan kurang lebih 15 menit dan menemukan sebuah tempat pemakaman dan yang disebelah kirinya ada gang masuk kekiri. Kamu harus mengambil arah yang ke TPA piyungan. Curugnya tidak jauh dari TPA Piyungan


Tantangan Menaklukkan Curug Tuwondo


Untuk mencapai curug ini memang penuh dengan perjuangan. Jalanan yang terjal serta tracking yang kurang terawat membuat semakin semangat untuk mengunjunginya. Setelah sampai di curug, kamu masih perlu perjuangan karena antara curug atas dan bawah sangat sulit untuk dijangkau.

Setalah kamu mencapai curug bawah yang berbentuk telusuran yang ada di taman kanak-kanak. Kamu dapat melanjutkan ke curug tingkat kedua dengan mendaki bebatuan yang ada di samping curug. Curug kedua lebih indah dibandngkan dengan curug pertama.

Setelah puas dengan curug kedua, saatnya melanjutkan perjuangan ke curug tiga. Untuk mencapai curug ini kamu harus melalui rimbunnya hutan yang medannya cukup terjal dan membingungkan walaupun sebenarnya tidak jauh. Hal ini karena belum ada jalan yang memadai.

Setelah sampai dicurug ini. Tebing-tebing yang tinggi serta dedauan yang rimbun disekitarnya menambah wisata kamu semakin puas. Dari sini juga, kamu bisa melihat view gunung merapi yang menjulang tinggi ke langit.

Ayo, tidak ada alasan lagi bagi kamu untuk berkunjung kesini kan sahabat.


Subscribe to receive free email updates:

Post a Comment