Stone Garden, Tempat Terbaik Menikmati Senja di Sulawesi

Menikmati sunset sangat erat hubungannya dengan pantai, namun mencoba menikmati sunset di tempat yang tidak biasa memberikan sensari tersendiri. Seperti menikmati sunset di Stone Garden.


Sekilas Tentang Stone Garden


Stone garden atau sering juga disebut Taman Hutan Batu Karts berada di Maros, Sulawesi Selatan. Stone garden berupa objek wisata alam dan merupakan cagar alam yang sudah dicatat oleh Unesco menjadi warisan dunia dan harus dilindungi.

http://mandiriransel.blogspot.co.id/2015/12/stone-garden-tempat-terbaik-menikmati.html

Taman Hutan Batu Karts ini adalah taman batu terbesar dan terluas ketiga di dunia. Yang pertama adalah Taman Hutan Batu Tsingi di Madagaskar, yang kedua adalah Taman Hutan Batu Shilin di Cina.

Baca Juga : Keren, Replika Menara Effel ada di Tasikmalaya


Ada sekitar 268 gua berstalakyit dan stalakmit yang ada di kawasan ini. 89 di antranya adalah gua prasejarag yang meninggalkan jejak kehidupan manusia prasejarah, ssperti lukisan pada dinding gua, alat dapur, dan sampah dapur prasejarah dari cangkang mollusca.

Beragam jenis flora juga hidup di kawasan karst ini, di antaranya Bintangur, Beringin, Enau, Nato dan masih banyak lagi. Termasuk flora endemik seperti kayu hitam sulawesi dan sepang yang biasa digunakan sebagai campuran minuman warga lokal. Fauna endemik juga banyak ditemukan di sini, sebut saja kera hitam, tarsius, luwak, rusa, burung enggang, kalajengking gua hingga beragam jenis repril dan amphibi.

Cara Menuju Stone Garden


Untuk menuju taman ini tidak begitu sulit, traveller dapat menggunakan kenderaan bermotor ataupun mobil. Dan bisa ditempuh dari dua arah, yaitu dari kota Makassar dan Pare-Pare.

Jika kamu datang dari Kota Makassar. kamu membutuhkan waktu tempuh kurang lebih 1 Jam dengan jarak tempuh kurang lebih 40 KM. Dan Jika kamu berasal dari Pare-pare, kamu harus mengikuti petunjukan jalan yang sudah ada,

Ketika sudah sampai di perbatasan Kabupaten Maros dan Pangkep, kamu akan menemui plang besar menuju pabrik semen Bosowo, kamu tinggal ambil jalan yang ada di sebelah kanan jalan dari pertigaan. setelah itu, dari pertigaan sekitar 300 meteran akan menemui pertigaan lagi, ambil ke kiri yang jalannya berbatu atau belum di aspal, kira-kira 1 Km dari pertigaan kamu akan melihat taman batu, persis di sebelah kanan jalan,

Fhoto By Randy W

Subscribe to receive free email updates:

Post a Comment