Pesona Pantai Kalbano Nan Berlumuran "Batu Akik"

Traveller, kalian sudah pasti biasa lihat sebuah pantai yang susunannya tebing, pasir putih dan pasir hitam atau kelabu. Nah, jika ingin merasakan pantai yang berbeda dan unik. Cobalah berkunjung ke Pantai Kalbano.

Kalian sudah pernah dengar belum Pantai Kalbano. Memang pantai ini belum populer di kalangan para traveller.

Sekilas Tentang Pantai Kalabano

Pantai ini berada di Desa Kalbano, Kabupaten Timur Tengah Selatan, Nusa Tenggara Timur. Pantai ini masih sangat asri dan alami serta menyajikan pesona pantai yang sangat indah dan mempesona. Pantai ini sangat unik karena tidak mempunyai pasir melainkan pesisir pantainya di penuhi batuan koral nan cantik berwarna-warni. Ada Merah, Hijau, Kuning, Hitam bahkan batu campuran dari warna-warna tersebut.


Pantai dengan julukan seribu warna ini juga menyimpan pesona bebatuan dengan berbagai bentuk seperti kepala singa atau kepala manusia yang disebut Fata un yang menjadi daya tarik dan keunikan sendiri bagi wisatawan.

Dibibir pantai, kamu akan terkejut dibuat oleh anak-anak pantai. Mereka dengan polsonya menawarkan batu seharga Rp. 1.000,- per satu batu. Tapi, jika kamu ingin mencari sendiri, kamu dapat menelusuri bibir pantai dambil jalan-jalan.

Kenapa di Sebut sebagai Kalbano?


Mungkin bagi sebagian orang, perlu mengetahui sejarah lokasi yang baru dukunjungi atau akan dikunjungi. Jika begitu, maka mari kita bahas mengapa di sebut sebagai Pantai Kalbano?. Kalbano berasal dari bahasa daerah setempat yaitu kalhanbano.

Kol berarti burung, hun berarti suara dan bano berarti giring-giring. Konon menurut masayarakat setempat, pada suatu sore Raja Sole mendapati tatanan jewawut di kebunnya rusak oleh burung kecil yang bersuara seperti giring-giring. Sejak itu, sang raja memutuskan memberikan nama negerinya menjadi Kalhanbano yang sekarang menjadi kalbano.

Cara Menuju Pantai Kalbano


Untuk mencapai pantai Kalbano, kamu harus menggunakan jalur udara dengan terbang ke Kupang, banyak maskapai yang sudah melayani penerbangan ke Kupang dari berbagai kota di Indonesia seperti Jakarta, Denpasar dan Surabaya. 

Setelah sampai di kupang, kamu harus menyewa mobil atau kenderaan untuk melanjutkan perjalanan ke pantai Kalbano dengan menempuh jarak kurang lebih 135 km atau sekitar 3 jam berkendara.

Subscribe to receive free email updates:

Post a Comment