Menelusuri Kampung Vietnam si Manusia Perahu

Vietnam merupakan salah satu anggota negara Asean. Negara ini mempunyai sejarah dan konflik intenal yang mengakibatkan banyak warganya mengungsi ke bebearapa negara, termasuk Indonesia. 

Pengungsi dari vietnam sering dijuluki sebagai manusia perahu karena dalam melakukan perjalanan untuk menuju tempat pengungsian menggunakan perahu. Salah satu kota yang pernah menjadi tempat pengungsian si Manusia perahu adalah kota Batam.


Bekas pengungsian warga Vietnam di Batam (Kampung Vietnam) menjadi obyek wisata yang harus dikunjungi jika travelling di Batam. Kampung Vietnam sangat luas dan lengkap. Tidak cukup 5 jam untuk mengetahui seluruh isi kampung vietnam.

Hal yang pertama anda kunjungi tentunya menelusuri rumah-rumah warga vietnam dan museumnya. Anda dapat membaca sejarah dan melihat peninggalan-peninggalannya seperti peralatan memasak dan makan, peralatan kantor serta melihat koleksi-koleksi lukisan si Manusia Perahu.

Kiri Ke Kanan : Depan Museum Kam Vietnam, Vihara dan Area Gereja
Puas dengan koleksi museum, anda dapat melanjutkan perjalanan dengan jalan kaki ke arah perahu yang digunakan warga vietnam. Jumlah perahunya ada 2 buah tetapi sekarang sudah diperbaiki dan bukan yang asli lagi, sedangkan yang asli di jadikan sebagai aset daerah.

Setelah selesai dengan museum dan perahunya, saatnya anda melipir ke sudu-sudut kampung vietnam. Di mulai dari komplek peribadatan umat budha dan kristiani. Sebuah gereja tua dan beberapa patung-patung bunda maria akan menjadi objek yang bagus untuk di abadikan.

Disamping gereja terletak sebuah vihara yang sangat indah dan lengkap. Bau dupa dan suara musik membuat suasana akan semakin syahdu. Disini, anda dapat menemukan berbagai bentuk dan ukuran patung budha. Mulai dari tidur, Meditating dan laughing.

Selanjutnya, tempat yang anda harus kunjungi dan tak kalah keren yaitu vihara di atas bukit yang masih di komplek kampung vietnam. Selama perjalanan meuju vihara ini mata akan dimanjakan oleh monyet-monyet lucu serta kuburan berbentuk kristen dan budha serta 3 buah pemkaman ummat muslim.


Di vihara ini ada sebuah patung besar dengan 2 buah patung kecil. Tapi yang paling istimewa adalah pemandangan lanscapenya, sepanjang mata memandang akan melihat laut biru dan pulau-pulau kecil di batam. Sungguh indah dan luar biasa.

Tips untuk menuju Kampung Vitnam :

- Datanglah lebih awal karena untuk menuju ke kampung vietnam dibutuhkan kurang lebih 2,5 Jam dengan kecepatan 80 Km/Jam menggunakan motor.

- Sebaiknya anda harus menggunakan kenderaan pribadi baik mobil atau motor karena tidak ada transportasi umum. Selain itu, selama di kampung vietnam juga tidak bisa ditelusuri dengan berjalan kaki karena jarak antara lokasi sangat jauh.

- Biaya tiket masuk sebesar Rp. 5.000,- per orang.

Terimkasih banyak to Bro Dayu Swispa Pamantau yang sudah mengajak keliling-keliling kota Batam.

Subscribe to receive free email updates:

Post a Comment