Kebumen, Cahaya Surga Goa di Indonesia

Kebumen, sebuah kota kecil di jawa tengah yang jauh dari hingar bingar wisata. Kota ini memang dikesampingkan dari ramainya promosi wisata. Namun, bukan berarti Kebumen tidak memilki destinasi yang wajib masuk dafar kunjungan. 

Banyak destinasi indah yang tersembunyi di kota lanting ini. Mulai deretan pantai nan cantik sampai dengan keindahan goa-goanya. Goa-goa yang ada dikebumen sungguh menakjubkan bagi siapa saja yang mengunjunginya.

Tak salah lagi, jika kebumen dijuluki sebagai sorganya goa di Indonesia. Berikut goa-goa yang ada di kebumen yang harus kamu kunjungi :

1. Goa Jatijajar, Goa dengan legenda Lutung Kasarung

Goa Jatijajar berada di Jaitjajar, Kecamatan Ayah, Kebumen. Goa jatijajar memiliki panjang 250 Meter dengan lebar goa rata-rata 15 Meter dan tingginya kurang lebih 12 Meter. 


Goa ini syarat akan mitos dan legenda lutung kasarung, hal ini dibuktikan dengan patung-patung yang berada yang berada di dalam goa, mulai dari patung pangeran, puteri dan monyet.

2.Goa Barat, Goa Seratus Air Terjun

Goa barat atau sering disebut juga goa angin ini mempinyai keunikan tersendiri, yaitu didalam goa sangat banyak ditemukan air terjun dengan ketinggian bermacam-macam. Mulai dari yang 5 Meter sampai dengan 20 Meter ada disini.


Panorama goa barat bukan hanya tentang air terjun tetapi masih banyak lainnya. Seperti ornamen stalagtit dan stalagmit dan orkestra aneka bebatuan yang berwujud unik seperti batu kuncup, batu tirai dan lainnya.

3.Goa Banyu, Surga Perut Bumi yang Tersembunyi

Goa Bunyu merupakan salah satu goa yang wajib dikunjungi jika berlibur ke kebumen. Untuk mencapai goa ini perlu perjuangan yang sangat ekstra. Tapi, jika sudah ada di dalam goa, Subhanallah, inilah salah satu lukisan Allah yang sempurna.



 4. Goa Petruk, Bukan tentang Mahabarata

Goa petruk berada di Dusun Mandayana, Desa Candirenggoa, Kebumen. Goa ini terdiri dari tiga bagian. Dibagian Pertama pengunjung hanya menemukan kelelawar sebagai hewan endemik goa. 


Dibagian kedua, kamu akan disuguhkan dengan pemandangan indah di dalam goa. Disni kamu akan disuguhakan pemandangan yang luar biasa, terdapat batu stalaktit dan stalagmit yang mempesona dengan berbagai bentuk.

5. Goa Macan, Bukan tempat trio macan manggung.

Sama dengan goa-goa yang ada di kebumen lainnya. Goa ini memiliki daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Disini juga pengunjung dapat melihat keindahan goa dan tentunya mengabadikan momen-momen indah dengan kamera terbaikmu.


6. Goa Liya, Goa Eksotis dengan Guyuran Hujan Abadi

Goa liyah terletak di dukuh Mandayana Desa Candirenggo Kecamatan Ayah. Didalam goa kamu dapat melihat kristal putih di langit-langit goa. Selain itu, didalam goa ada juga sebuah batu menyerupai batu lonceng. Inilah salah satu daya tarik goa ini.


Selain goa-goa diatas, masih banyak lagi goa yang ada dikebumen, sebut saja goa surupan, goa siwowo, goa sarang burung, goa woro-wari dan lainnnya. Kebumen memang surganya goa di Indoensia.

Subscribe to receive free email updates:

Post a Comment