Kanalo Satu, Surga Tersembunyi di Sulawesi

Berbicara wisata pantai, Indonesia memang juaranya. Bayangkan saja, hampir disetiap provinsi di Indonesia mempunyai pulau-pulau yang cantik dan menawan. Jika Jakarta, mempunyai kepulauan seribu yang merupakan salah satu andalan wisata kota Jakarta. Sulawesi juga punya.

Namannya kepulauan sembilan, pulau ini memang terdiri dari sembilan pulau-pulau kecil dengan kekayaan alam dan lautnya yang luar biasa. Salah satunya adalah Kanalo Satu.

http://mandiriransel.blogspot.co.id/2015/12/kanalo-satu-surga-tersembunyi-di.html


Sekilas Tentang Pulau Kanalo Satu


Pulau kanalo satu merupakan bagian dari gugusan kepulauan sembilan yang dihuni oleh suku bugis, Bajo dan Mandar yang menyandarkan kehidupannya kelaut dengan profesi sebagai nelayan. Pulau dengan luas 9.08 hektare ini memiliki tipologi daratan landai berpasir dan perbukittan, dengan pemukiman penduduk berada di sebelah barat pulau.


Kegiatan yang bisa di lakukan di Pulau Kanalo Satu?


Dipulau ini, sobat dapat melakukan berbagai aktifitas. Mulai dari snorkling, swimming dan fishing dapat anda lakukan sampai puas. Selain itu, objek wisata ini juga sangat cocok digunakan untuk fhoto pra-wedding bagi pasangan yang menyukai suasana laut.
Selain kegiatan wisata, sobat juga dapat melihat kebiasaan sehari-hari para penduduk di pulau ini. Sama pada umumnya dengan masyarakat yang hidup di pulau, mata pencaharian mereka kebanyakan nelayan.


How go there from Celebes?


Dari Makassar, sobat dapat menggunakan bis ke arah sinjai dengan jarak tempuh sekitar 5 jam. Dan sobat langsung menuju pelabuhan lappa.

Untuk menuju kepulaun sembilan termasuk Kanalo Satu, sobat harus berangkat dari pelabuhan tradisional Lappa. Dari pelabuhan ini, jarak ke pulau sembilan kurang lebih 9 Mil dan ditempuh dengan waktu sekitar 1 jam dengan perahu kayu.

Tapi jika sobat menggunakan speed boat, sobat dapat menempuh dengan waktu yang lebih cepat, hanya sekitar 20 Menit.

Aktifitas Penduduk Lokal Pulau Kanalo Satu


Sebagai kepulauan dan dikelilingi oleh laut, tentunya menjadi nelayan menjadi sebagian besar profesi di pulau ini. Tapi, tahukah kamu? Bahwa di pulai ini  juga masyarakatnya juga sudah maju hal ini dapat dibuktikan dengan aktivitas pengelolaan sumber daya yaitu :

1. Perikanan Tangkap


Potensi perikanan dan kelautan merupakan andalan bagi mastarakat yang tinggal di pulau kanalo satu. Mereka memanfaatkan semua potensi yang ada untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Salah satunya adalah perikanan tangkap. Berbagai jenis ikan yang dihasilkan dari perikanan tangkap diantranya adalah Ikan Tuna, Kakap, Cakalang, Kemiri dan lainnya

2. Perikanan Budaya


Selain prikanan tangkap, penduduk pulau ini juga melakukan budidaya perikanan baik secara perseorangan maupun kelompok. Diantara yang banyak di budidaya adalah rumput laut.

Subscribe to receive free email updates:

Post a Comment