Indahnya Sungai Uwe Molino di Luwuk

Luwuk merupakan salah satu kota di Sulawesi. Kota ini belum sepopuler kota-kota yang ada di Sulawesi lainnya. Namun, di kota ini tersimpan sejuta keindahan alam yang dapat membuat mata tak berkedip. Salah satunya Uwe Molino.

Sekilas Sungai Uwe Milono


Uwe Molino berasal dari bahasa lokal setempat yang artinya air yang jernih. Uwe Molino merupakan sebuah tempat wisata pemandian di Desa Tontoun, Kecamatan Luwuk, Kabupaten Banggai, Luwuk.

http://mandiriransel.blogspot.co.id/2015/12/indahnya-sungai-uwe-molino-di-luwuk.html
Sumber Image : Randy Wijaya
Uwe Molino ini sangat unik dan bercabang dua. Cabang pertama membentuk cekungan yang cukup lebar namun tidak begitu dalam, dan disinilah lokasi pemandian uatama berata.Sementara pada lainnya, terdapat air terjun kecil yang idak begitu tinggi. Airnya berwarna kehiajuan, bersih dan dingin.

Selain segarnya air, keistimewaan pemandian Uwe Molino adalah suasana alam yang kuat, banyak bebatuan yang dapat digunakan untuk sebagai tempat beristarahan dan duduk, serta akar pohon yang menambah daya tariknya.

Baca Juga : Curug Berod, Pesona Alam di Kaki Gunung Ciremai


Uwe molino sangat cocok digunakan untuk sekedar melepas lelah dari rutinitas pekerjaan yang menguras tenaga. Disni sobat dapat mandi dengan puas dan menikmati segarnya air khas pegununga.

Cara Menuju Sungai Uwe Molino


Kurang lebih sepuluh menit dari pusat kota ke arah barat daya. Kamu akan menemui sebuah plang kecil di pinggir jalan. Tulisan di plang tersebut yakni " Pemandian Wisata Uwe Molino Tontouan". Dari pintu masuk masih harus berjalan kurang lebih 300 meter menuruni anak tangga. Pemandian yang akan dituju berada di ujung tangga. 

Pada awal perjalanan memang kelihatan gersang, namun setelah berjalan kurang lebih seratus meter akan banyak pepohonon yang meneduhi jalan. Teduhnya pepohonan dengan jalan yang naik turun ini sedikit mengobati rasa kangen akan suasana gunung.

Keistimewaan Luwuk


Jika kamu ingin menghabiskan waktu menyatu dengan alam. Maka luwuk bisa jadi andalan bagi kamu khusunya yang tinggal di daerah ini karena luwuk memang mempnuyai banyak sungai-sungai yang jernih. 

Bahkan moto dari kota ini adalah "Luwuk Berair", walaupun sebenarnya itu hanya akronim Bersih, Aman, Indah dan Rapi.

Subscribe to receive free email updates:

Post a Comment