Kawah Ijen yang Selalu Bikin Kangen

Banyuwangi memang harus menjadi list tujuan bagi traveller. Kota yang mendapat julukan sunrise of java ini memiliki segudang tempat wisata yang harus di jelajahi. Mulai dari wisata pantai yang sangat indah dan menarik dan konon katanya pantai-pantai yang ada di Banyuwangi tidak kalah menarik dengan pantai-patai yang ada di Bali.

Selain pantainya yang tersohor. Banyuwangi juga menawarkan wisata pegunungan ijen yang terkenal dengan  Kawah Ijen.

Sekilas Tentang Kawah Ijen


Kawah ijeh menjadi salah satu tujuan wisata favorit di Banyuwangi. Kawah ini merupakan kawah yang bersifat asam yang berada di puncak gunung ijen dengan tinggi 2.433 meter diatas permukaan laut dengan kedalaman danau mencapai 200 meter dan luas kawah mencapai 5.466 hektare.

Baca Juga : Wisata Temanggung yang Bikin Liburanmu Tak Tanggung


Kawah ini merupakan tempat penambangan belerang terbesar di Jawa Timur yang masih menggunakan cara tradisional Selain terdapat belerang, kawah ijen yang warna hijau toska juga punya Blue Fire yang sangat indah.

Kawah Ijen

Selain keindahan blue firenya, kawah ini juga sangat unik karena berada di ketinnggian 2433 meter atas permukaan laut dan terletak di tengah kaldera yang terluas di Pulau Jawa. 

Jika traveling ke kawah ijen, anda akan kangen dan kemabali lagi kesini. Karena keindahan yang dimiliki kawah ijen memang sayang sekali untuk dilewatkan.

Kawah Ijen terkenal karena Prancis?


Nama Ijen mulai populer sejak kedatangan dua turis suami istri yang berasal dari Prancis. Mereka adalah Nicolas Hot dan Katia Kraft. Mereka mengunjungi kawah ijen pada tahun 1971 dan kemudian menuliskan pesona Kawah Ijen beserta kerasnya kehidupan para penambang bongkahan belerang di Majalah Geo Prancis. 

Apa saja kegiatan yang dilakukan di Kawah Ijen?


Sebagai salah satu wisata andalan Banyuwangi. Kawah ijen mempunyai daya tarik sendiri bagi pengunjung. Diantaranya adalah menikmati suasana pegunungan, menunggu dan mengabadikan sunrise dan yang paling dinanti tentunya adalah menyaksikan secara langsung fenomena alam blue fire yang bisa kamu nikmati pada dini hari sampai pukul 05.00 WIB.

Selain itu, menikmati pemandangan danau yang berwarna hijau kebiru-biruan yang akan menghipnotis mata siapapun yang memandang. Para pengunjung juga dapat menyaksikan secara langsung kegiatan penambang balerang.

Jangan Ngaku ke Kawah Ijen, Jike belum makan ini?


Sometimes, seseorang tidak percaya kita mengunjungi suatu tempat jika tidak mempunya bukti. Jika ke kawah ijen, apa buktinya? Selain fhoto kamu berada di kawasan kawah ijen, tentunya kuliner kawah ijen juga dapat membuktikan jika kamu pernah berkunjung kesini.

Jangan bilang sudah pernah ke kawah ijen jika belum menikmati Rujak Soto dan Nasi Tempong.


Tips Mengunjungi Kawah Ijen.


Jika ingin mengunjungi suatu tempat wisata, ada baiknya kamu harus tahu tentang daerah tersebut supaya tidak kecewa. Jika ingin mengunjungi kawh ijen, berikut tipsnya:

1. Berkunjunglah di Musim Kemarau
2. Siapkan kondisi fisik dan stamina
3. Menyewa tour guide, lebih baik tour guide lokal
4. Persiapkan perlengkapan tracking
5. Manaati peraturan yang ada.
Special thanks to Harya sebagai Sumber Fhoto

Subscribe to receive free email updates:

Post a Comment