Candi Gedong Songo, Indah di Atas Bukit Semarang

Semarang punya banyak tempat menarik untuk dikunjungi pada liburan akhir pekan. Dari wisata horor di Lawang Sewu, hingga berfoto ria sambil pakai kostum ala bangsawan Tionghoa, semua bisa dilakukan di Semarang.

http://mandiriransel.blogspot.co.id/2015/11/candi-gedong-songo-indah-di-atas-bukit.html

Bila berkenan cobalah mengunjungi komplek candi gedong songo.Candi Gedong Songo merupakan komplek candi di lereng Gunung Ungaran, Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Komplek candi ini sungguh indah dengan latar belakang pegunungan yang hijau. 

Komplek candi ini dinamakan Gedong Songo karena memiliki sekitar sembilan candi. Candi yang berada di ketinggian 1.200 mdpl merupakan bukti peninggalan agama hindu di semarang, terbukti dengan berbagai arca yang ada di sekitaran candi seperti Ciwa Mahaguru, Ciwa Mahadewa, Durga Mahisasura,Ganeca,  Mardhini,Mahakala  Nandi Swara, dan Yoni.

Selain menikmati candi dengan berbagai arca, mata sobat akan dipuaskan oleh pemadangan hutan pinus dengan hawa sejuk. 

Nah, jika berkunjung ke semarang tak ada salahnya mampir ke candi gedong songo.

Sekilas Tentang Candi Gedong Songo


Candi ini merupakan sebuah komplek candi peninggalan budaya Hindu dari zaman Wangsa Syalendra yang berada di Desa Candi, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia. 

Sejarah Candi Gedong Songo


Candi ini pertama kali ditemukan oleh Sir Thomas Stamford reffles pada tahun 1740 Masehi. Dan pada saat itu, ia hanya menemukan 7 buah banguan candi sehingga disebut sebagai Candi Gedong Pitu yang artinya candi ini terdiri dari 7 buah candi.

Candi Gedong Pitu bertahan hingga ribuan tahun. Dan pada tahun 1908 sampai dengan 1911 seorang arkeolog belanda Ven Stein Callenfels menemukan kembali 2 candi lainnya dalam melakukan penelitiannya. 2 candi tersebut tidak jauh dari 7 candi yang ditemukan sebelumnya. Sehingga sampai saat ini, candi ini berjumlah 9 candi dan namanya pun menjadi Candi Gedong Songo.

Cara Menuju Candi Gedong Songo


Untuk mencapai komplek candi gedong songo sangatlah mudah. Jika kamu berasal dari kota Ambrawa dan sekitarnya kamu hanya membutuhkan waktu kurang lebih 40 menit. Dan berikut jarak tempuh untuk menuju candi ini :

Kota Semarang - Candi Gedong Songo : 45 Km
Kota Ungara - Candi Gedong Songo : 20 Km
Kota Ambarawa  - Candi Gedong Songo : 15 Km



Subscribe to receive free email updates:

Post a Comment