Bukan Cuma Pegunungan, Dieng Juga Punya Talaga Warna yang cantik

Mendengar Dieng, biasanya yang terlintas dipikiran adalah gunung prau dan bukit sikunir yang sudah meleganda bagi para traveller. Tapi, rupanya disana ada juga Talaga Warna yang cantik.

Airnya yang kehijauan terlihat tenang tanpa riak, suasananya pun sangat tenang.Dinamakan Telaga Warna karena fenomena alam yang terjadi di tempat tersebut yang berupa pergantian warna air dari telaga tersebut.

http://mandiriransel.blogspot.co.id/2015/11/bukan-cuma-pegunungan-dieng-juga-punya.html

Terkadang berwarna hijau dan kuning atau berwarna warni seperti pelangi. Fenomena ini terjadi karena di dalam air tersebut terdapat kandungan sulfur cukup tinggi sehingga saat sinar Matahari mengenainya maka warna air telaga nampak berwarna warni.
Disekitar talaga warna, ada objek wisata lain yang bisa dilihat. Seperti Batu Tulis, Gua Sumur Eyang Kumalasari, Gua Jaran Resi Kendaliseto dan Gua Semar. Kabarnya, di setiap gua tersebut di huni oleh petapa sakti yang bersemedi.

Sejarah Talaga Warna


Talaga Warna Dieng memiliki luas sekitar 39,60 hektar yang terbentuk akibat letusan Gunung Purba Dieng yang terjadi pada ratusan tahun silam.

Mitos tentang Talaga Warna


Indonesia memang penuh dengan misteri dan mitos. Sampai sekarang masih banyak yang belum terbukti dan ada juga yang sudah terbukti. Tapi Mitos tersebut tetaplah menjadi sebuah daya tarik wisatawan. 

Salah satu mitos yang paling populer mengenai talaga warna adalah bahwa di zaman dahulu talaga warna merupakan tempat pemandian Dewi Nawang Wulan ( 7 Bidadari). Konon katanya, tempat ini juga dijadikan sebagai tempat pembentukan karakter manusia sehingga disetiap sudut ini memancarkan makna.

Diantara makna tersebut adalah : 

- Warna Air yang ada di talag yang melambangkan lima unsur masnusia atau dalam bahasa jawa disebut "Sedulur Papat Kalima Pancer" yang berarti bahwa manusia terlahir dari kandungan seorang ibu yang kelak akan menjalani kehidupan dan harus mengingat sang pencipta.

- Talaga Pangilion yang berarti Cermin yang dapat diartikan untuk melihat sifat sisi baik dan buruk masnusia dalam menjalankan kehidupannya.

- Batu Tulis yang dapat diartikan manusia harus mempunyai pedoman hidup dan kitab untuk belajar agama.


Subscribe to receive free email updates:

Post a Comment