Pura Taman Ayun, Peninggalan Kerajaan Mangwi

Tak hanya di juluki sebagai Pulau Dewata, Pulau Bali dijuluki juga sebagai Pulau Seribu Pura. Julukan ini muncul karena banyaknya pura di Bali yang merupakan tempat persembahyangan umat hindu. Sebut saja  Pura Tanah Lot , Pura Ulun Danu, Pura Uluwatu dan Pura Taman Ayun.

http://mandiriransel.blogspot.co.id/2015/10/pura-taman-ayun.html


Sejarah Pura Taman Ayun


Pura yang dibanguan pada tahun 1634 ini terletak di Mengwi, Badung Bali. Pura ini merupakan paibon bagi Kerajaan Mengwi yang dibangun oleh I Gusti Anom. Di pura ini juga terdapat meru-meru yang menjulang tinggi dan megah dan diperuntukkan bagi para Dewa yang beristana maupun leluhur kerajaan.

Pura Taman Ayun dibagi menjadi tiga tingkat halaman dan setiap tingkat memiliki fasilitas dan tujuannya masing-masing.
 
Dihalaman pertama atau sering disebut juga Nisata Mandala (halaman luar) terdapat kolam yang mengelilingi pura, bangunan luas (wantilan) yang sering digunakan untuk sabungan ayam pada saat upacara, dan air mancur yang mengarah ke sembilan arah mata angin.

Pada halaman kedua ( Madya Mandala ) terdapat sebuah bangunan Aling-aling “Bale Pengubengan” yang dihiasi dengan relief, menggambarkan “Dewata Nawa Sanga” (9 dewa penjaga arah mata angin), Pura Dalem Bekak di sebelah timur dan Balai Kulkul menjulang tinggi di pojok sebelah barat.

Bagian ke tiga merupakan bagian yang paling suci ( Utama Mandala ). Disini terdapat berbagai meru yang menjulang tinggi dengan berbagai ukuran dan bentuk.

Baca Juga Pura Cantik di Uang Rp. 50.000



Keistimewaan Pura Taman Ayun


Setiap pura di Bali memang memiliki keunikan dan keistimewaannya masing-masing. Keunikan dan keistimewaan pura ini yaitu setiap meru memiliki meru bertumpang 11, padahal pura ini bukan pura untuk kaum bangsawan. Selain merunya bertumpang 11 ada juga meru bertumpang 9 dan 5.

Selain itu, pesona dari pura ini terletak pada kolam yang mengelilingi kompleks bangunan pura sehingga pura ini memilki pemandangan yang sangat indah. Dari kejauhan kolam tersebut, terlihat seperti gelang air, sehingga pura tersebut seolah-olah berada di permukaan air.

Dan berikut dokumentasi gue tenatng pura taman ayun.


Subscribe to receive free email updates:

Post a Comment