Pura Cantik Di Uang Rp.50.000

Bali tak hanya identik dengan Pantai Kuta, masih banyak destinasi lain yang sayang jika dilewatkan saat berkunjung ke Pulau Dewata ini. Bila berkenan, Anda bisa melancong ke Pura Ulun Danu Beratan.

Pura ini terletak di Desa Candikuning, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan, Bali. Tepatnya di tepi Danau Beratan dekat pegunungan Bedugul. Pura yang ada di gambar uang Rp50.000 ini, dibangun oleh Raja Mangwi I Gusti Agung Putu pada tahun 1633, yang berarsitektur campuran Hindu-Buddha dan ditandai dengan stupha Buddha.
 
http://mandiriransel.blogspot.co.id/2015/10/pura-cantik-di-uang-rp-50000.html

Pura ini memiliki atap tingkat yang berbeda-beda sesuai dengan ciri khas pura pada umumnya di Bali. Ada pura yang dengan atap tingkat 11 yang digunakan untuk pemujaan Dewa Wisnu, atap tingkat 7 untuk pemujaan Dewa Brahma dan atap tingkat 3 untuk pemujaan Dewa Siwa.Tiga Dewa ini dikenal sebagai Dewa Trimurti.

Pura Ulun Danu merupakan sebuah bangunan suci umat Hindu yang dibangun untuk memuja Dewi Danu. 'Danu' sendiri adalah bahasa lokal Bali yang berarti 'Danau'. Sedangkan 'Bratan' adalah nama dari danau yang terletak di dataran tinggi Bedugul ini. Candi ini sebenarnya digunakan untuk upacara persembahan Dewi Danu yaitu dewi air, danau, dan sungai.

Sebagai Bonus bagi sobat, sobat dapat berfose ala uang pecahan Rp. 50.000 an, hehe dan jangan lupa baca dan kunjungi Pura Taman Ayun, Peniggalan Kerajaan Mangwi


Makna dan Fungsi dari Pura Ulun Danu


Setiap bnagunan pasti ada makna yang tersirat maupun tersurat. Menurut informasi yang saya baca dari beberapa artikel, ternyata pura ini mempunyai beberapa makna yang terkandung. Diantaranya :
- Pura ini digunakan untuk pemujaan terhadap Sang Hyang Widhi Wasa dan Dewa pemelihara danua.
- Tempat pemujaan dewi laksmi sebagai dewi kesuburan dan keindahan
- Sebagai tempat peribadatan bagi ummat hindu dari daerah disekitarnya
- Menjadi pusat daya tarik wisata domestik dan mancanegara

Arti dari Pura Ulun Danu


Secara harafiah Pura ulun danu berarti pura di atas danau karena memang pura ini berada dan dikelilingi oleh danau beratan. 

Pura-Pura yang ada di komplek Pura Ulun Danu


Selain Pura Ulun Danu, ternyata masih ada beberapa Pura disekitarnya. Pura tersebut yaitu :
1. Pura Lingga Petak
2. Pura Penataran Pucuk Mangu
3. Pura Terate Bang
4. Pura Dalem Purwa

Subscribe to receive free email updates:

Post a Comment