Museum Fatahillah, Mengintip Sejarah Jakarta

Jakarta sebagai ibukota RI telah menyimpan riwayat sejarah yang amat panjang, bahkan hingga ke masa prasejarah. Perjalanan sejarah ini masih dapat kita pelajari dan kita nikmati hingga kini di Museum Fatahillah, yang terletak di Kawasan Kota Tua, atau tepatnya di Jalan Taman Fatahillah No. 2, Jakarta Barat. Disini anda dapat menelusuri berbagai peninggalan sejarah kota Jakarta sejak zaman prasejarah, masa kejayaan pelabuhan Sunda Kelapa, era penjajahan, hingga ke masa setelah kemerdekaan.

Museum fatahillah jakarta
Gedung Museum Fatahillah
Museum Fatahillah terdiri dari beberapa ruang yang masing-masing memiliki nama sendiri-sendiri. Beberapa ruang yang ada di Museum Fatahillah antara lain Ruang Tarumanegara, Ruang Jayakarta,Ruang Prasejarah Jakarta, Ruang Fatahillah, Ruang Sultan Agung, dan Ruang MH Thamrin. Di Museum Fatahillah kamu bisa belajar mengenai sejarah ibukota tercinta

Selain itu, Koleksi Museum Sejarah Jakarta secara umum diklasifikasikan menjadi tiga bagian utama, yaitu koleksi zaman prasejarah, koleksi zaman sejarah, dan koleksi ethnografi.

Koleksi zaman prasejarah terdiri dari Batu asahan, Batuan geologi, Gelang, Gerabah, Manik-manik, Peralatan batu, dan Peralatan logam.

Koleksi zaman sejarah terdiri dari Alat ukur, Bendera, Foto, Hasil penggalian, Hiasan dinding, Jam, Keramik, Kranium, Kristal, Kromolithografi, Kuningan, Uang, Cek, Lambang kota, Lonceng menara, Meubel, Lukisan, Patung, Perak, Peta kuno, Pipa gouda, Prasasti hindu budha, Prasasti kolonial, Repro peta kuno, Schetsel, Senjata, Tembaga dan besi, dan Tempat lilin.

Koleksi ethnografi terdiri dari Buku perpustakaan, Maket, Pakaian, Panel bekas pameran, Panel pendukung pameran, Peralatan dapur, Perlengkapan kelambu, Perlengkapan kesenian, Perlengkapan membatik, Perlengkapan membuat kue, Perlengkapan mencetak genteng, Perlengkapan nelayan, Perlengkapan pengantin, dan Perlengkapan pertanian.

Fasilitas-fasilitas Museum Ini :

- Perpustakaan

Perpustakaan Museum Sejarah Jakarta mempunyai koleksi buku 1200 judul. Bagi para pengunjung dapat memanfaatkan perpustakaan tersebut pada jam dan hari kerja Museuem.

- Kantin Museum, Kantinnya sangat nyaman dengan suasan khas betawi dan menawarkan makanan dan minuman khas betawi juga.

- Souvenir Shop. kamu dapat membeli cindermata sebagai kenang-kenangan bagi kamu sebagai bukti sudah berkunjung kesini. Harganya juga sangat bersahabat di kantong.

Diolah dari berbagai sumber.

Subscribe to receive free email updates:

Post a Comment