Ini Dia Makna Uang Satu Juta

Hari Jumat merupakan hari paling bahagia buat cowok, karena ada istilah jumat mubarakah yang artinya jumat berkah. Kenapa Bahagia? Yang cowok pasti dah tau jawabnya, ya apalagi kalau bukan shalat jumat Biasanya khutbah jumat temanya tidak teralalu jauh dari materi iman, ikhsan, taqwa dan masalah-masalah politik, jika kita jumatan di Masjid Istiqlal atau Masjid Al Azhar.

Materi khutbah Jumat

Sebenarnya saya selalu memperhatikan dan mendengarkan khutbah jumat jika temanya menarik menurut saya, jika tidak menarik, saya tetap mendengarnya tetapi tidak sempat menyimak dengan seksama atau cuma lewat saja ilmunya alias tidak mendapat ilmunya. 

Jumat kali ini temanya lumayan unik, yaitu DUIT SATU JUTA, what? apa coba maksudnya. Sepengetahuan gua uang satu juta hanya cukup bayar uang kosan, cicilan kartu kredit atau hanya untuk cicilan jajan adek setiap bulan.

Oke, mari kita bahas secara garis besar, yang dimaksud dengan duit satu juta oleh pak ustadznya. DUIT SATU JUTA maksudnya adalah :
D = Doa
U = Usaha
I  = Ikhtiar
T = Tawakkal

Doa adalah permohonan kepada Allah yang disertai kerendahan hati untuk mendapatkan suatu kebaikan dan kemaslahatan yang berada di sisi-Nya. Sedangkan usaha adalah bagaimana cara kita untuk mencapai tujuan tersebut.

Mungkin sahabat sering dengar atau familiar dengan istilah usaha tanpa doa adalah kesombongan dan Doa tanpa usaha adalah kesia-siaan. Jadi kedua hal tersebut harus di sinkronisasikan, dan semoga Allah mengabulkan semua doa kita.

Gue kira, semua udah pada tau dong, maksud dari kata-kata tersebut, karena sudah umum digunakan dalam kebutuhan senari-hari, terus bagaimana dengan SATU JUTA

SA = Sabar
TU =Tulus
JU  = Jujur
TA = Taqwa

Mari kita jabarkan makna dari kata-kata tersebut. Sabar adalah suatu sikap menahan emosi dan keinginan, serta bertahan dalam situasi sulit dengan tidak mengeluh. Sabar merupakan kemampuan mengendalikan diri yang juga dipandang sebagai sikap yang mempunyai nilai tinggi dan mencerminkan kekokohan jiwa orang yang memilkinya.

Tulus merupakan suatu sifat yang baik yang berarti sungguh dan bersih hati (benar-benar keluar dari hati yang suci) tidak pura-pura dan tidak serong. Terus bagaimana dengan Jujur? Jujur merupakan sebuah kata yang indah di dengar, tetapi tidak seindah mengaplikasikannya dalam keseharian. Tidak Pula berlebihan, bila ada orang yang mengatakan "Jujur" semakin langka dan terkubur, bahkan tidak lagi menarik bagi kebanyak orang. Semua orang paham akan maknanya, tetapi begitu mudah mengabaikannya.

Masalah taqwa mungkin semua orang sudah pasti mengetahuinya, karena sejak Sekolah dasar kata-kata ini sudah tak asing lagi ketika mempelajari materi agama islam. Taqwa sering diartikan menjalankan semua perintah-Nya dan menjauhi segala larangan-Nya.

Itulah makna duit satu juta, semoga bermanfaat, dan menjadi dasar kehidupan buat umat muslim.

Subscribe to receive free email updates:

Post a Comment