Mensucikan Diri di Air Pura Tirta Empul

Selain pantai dan pura-pura suci, Bali juga punya tempat suci seperti Pemandian Tirta Empul yang berada di Tampaksiring, Gianyar, Bali. Pemandian ini masih digunakan umat Hindu Bali sebagai tempat mensucikan dan meruwat diri. Masyarakat Bali percaya dengan menyucikan diri ke pura ini, mereka akan merasakan keheningan hati, kejernihan pikiran, dan keteduhan batin.

http://mandiriransel.blogspot.co.id/2015/10/air-suci-pura-tirta-empul-mitos-atau_19.html

Tirta Empul memiliki arti air yang keluar dari tanah yang mengalir tanpa terputus. Sumber mata air berasal dari pertemuan beberapa sungai, mengalir, menyembur dan ditampung dalam sebuah kolam yang diberi nama Tirta Suci. Kemudian dialirkan lagi melalui pancuran-pancuran yang terbuat dari batu.

Pancuran-pancuran tersebut mempunyai makna dan kegunaan masing-masing dengan nama Tirta Teteg, Tirta Sudamala, Tirta Pengelukatan, Tirta Pamarisuda, Tirta Pamlaspas, Tirta Panglebur Impian Ala, Tirta Pangentas dan Tirta Pembersihan.

Narsis lagi, hahahaha

http://mandiriransel.blogspot.co.id/2015/10/air-suci-pura-tirta-empul-mitos-atau_19.html

Sejarah Tampak Siring Pura Tirta Empul


Tampak siring berasal dari dua suku kata yaitu Tampak dan Siring. Tampak berarti Telapak dan Siring berarti Miring. Jadi bisa diartikan Telpaak yang miring dong, hehe. Telapak yang ada didalam pura ini adalah telapak Raja yang bernama Mayadenawa.

Mayadenawa adalah seorang raja yang sangat sakti dan memiliki sifat jahat dan beranggapan bahwa dia adalah seorang dewa. Karena sifatnya itu, Dewa Indra bertempur melawan Mayadenawa dengan cara mengirim pasukannya untuk menghancurkan sang raja. 

Dan akhirnya. Mayadenawa kalah dalam perang dan melarikan diri ke hutan. Untuk menghilangkan jejak kakinya ia berjalan dengan cara miring. Tetapi dalam usahanya untuk melarikan diri, dia gagal. Dan sebelum dia tertangkap. dia membunuh sebagian besar prajurit Dewa Indra dengan cara Menciptakan Mata Air Beracun.

Untuk mengatasi mata air tersebut, Dewa Indra menciptakan air penawar racun yang disebut air suci bernama Tirta Empul. Oleh sebab itu, Pura ini disebut sebagai Pura Tirta Empul

Sekilas Tentang Pura Tirta Empul


Pura Tirta Empul dibangun pada tahun 962 Masehi dari abad 10 hingga abad 14. Pura ini berada di Desa Manukaya, Kecamatan Tampak Siring, Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia. 

Subscribe to receive free email updates:

Post a Comment