5 Museum Di Kawasan Kota Tua Jakarta

Sebagai  kota metropolitan dan ibu kota dari Republik Indonesia, Jakarta memang terkenal dengan gedung pencakar langit, pusat perbelanjaan yang menjamur dan identik dengan mahal. Etss jangan salah sangka dulu, Ada sebuah kawasan di Jakarta yang syarat akan nilai sejarah lengkap dengan gedung-gedung vintage peninggalan jaman Belanda. Kawasan tersebut adalah kawasan Kota Tua.

Di kawasan Kota Tua ada 5 museum yang punya koleksi benda-benda sejarah sebagai saksi bisu peristiwa di masa lalu dan bisa dikunjungi dengan berjalan kaki karna jaraknya saling berdekatan. Berikut ini adalah 5 museum yang ada di kawasan Kota Tua.


Museum ini dikenal juga sebagai Museum Sejarah Jakarta atau Museum Batavia yang berdiri di atas tanah seluas 1.300 meter persegi. Dulunya gedung ini adalah Balai Kota yang meyerupai Istana Dam di Amsterdam. Terdiri atas bangunan utama dengan dua sayap di bagian timur dan barat, serta bangunan sanding sebagai kantor, ruang pengadilan dan ruang bawah tanah sebagai penjara. Pengunjung yang datang akan disuguhi berbagai koleksi di Ruang Prasejarah Jakarta, Ruang Tarumanegara, Ruang Fatahillah, Ruang Sultan Agung dan Ruang MH Thamrin.



Museum ini merupakan salah satu museum yang berada di kawasan Kota Tua. Museum ini lokasinya berada di Jakarta Barat, pada mulanya gedung bersejarah ini digunakan Pemerintah Hindia-Belanda untuk dijadikan sebuah Kantor Dewan Kehakiman yang berada pada Benteng Batavia.

Masuk ke dalam, pengunjung akan dihadapkan dengan aneka keramik dan kerajinan seni, seperti lukisan. Untuk koleksi seni rupa, museum in menampilkan patung-patung, seperti patung Asmat.



Bagi sobat pecinta Wayang, museum wayang wajib jadi tempat yang harus kamu kunjungi. Museum yang terletak di kawasan kota tua jakarta ini sangat mudah di akses baik menggunakan transportasi umum ( Busway dan KRL ) ataupun kenderaan pribadi. Untuk Memasuki Museum Wayang pengunjung dikenakan tarif sebesar Rp. 5.000,- untuk dewasa.



Museum ini menyajikan berbagai informasi mengenai peran Bank Indonesia. Meski menceritakan sejarah, museum ini tidak akan membosankan bagi sobat karena semua informasi disajikan secara modern dan menarik.



Museum bank mandiri menceritakan proses terbentuknya bank mandiri serta perlengkapan yang digunakan oleh bank. Koleksi-koleksi yang ada di musium ini cukup lengkap seperti peti uang, mesin hitung uang, kalkulator, mesin pembukuan, mesin cetak, alat pres bendel, save deposito box, brankas dan lainnya.

Subscribe to receive free email updates:

Post a Comment