YUK Ke ISTIQLAL JAKARTA

Masjid Istiqlal merupakan masjid terbesar di asia tenggara dan merupakan kebanggaan bangsa indonesia khususnya warga jakarta. Selain itu, masjid istiqlal dibangun sebagai bentuk rasa syukur bangsa indonesia karena telah terbebas dari penjajahan kurang lebih selama 350 tahun. Hal ini terbukti dengan namanya masjid Istiqlal yang artinya Merdeka.


Masjid yang diresmikan pada tanggal 22 Februari 1978 ini mempunyai gaya islam modern yang dibuktikan dengan bentuk kubus, persegi dan kubah masjid yang berbentuk bulat. Untuk memasuki masjid ini dapat dilalui melalui pintu yang berjumlah 7 buah pintu masuk yang melambangkan 7 lapis langit dan 7 hari dalam seminggu.

Nama-nama pintu masuk masjid istiqlal diambil dari nama-nama Asmaul husna yaitu Al Fattah (Pembuka), Al Quddus (Kesucian), As Salam (Kedamaian), Al Ghaffar (Ampunan), Ar Rozzaq (Rezeki) dan Ar Rahman (Pengasih) dan  Al Malik ( Raja).

Jika sobat ingin mengetahui kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan Masjid ini dapat dilihat di Kegiatan Masjid Istiqlal.

Fakta Unik Tentang Masjid Istiqlal :

1. Arsitekturnya Non Muslim, Masjid ini diarsiteki oleh seorang warga sumatra utara yang beragama     Kristen Protestan atas nama Frederich Silaban.
2. Berasal dari bahasa arab yaitu Istiqlal yang artinya Merdeka
3. Dibangun bertepatan maulid Nabi
4. Kubah utama berukuran sangat besar
5. Hanya memiliki satu menara
6. Tujuh pintunya bernama asamaul khusna
7. Mempunyai beduk raksasa 
8. Luasnya mencakup 9 hekatare dan mampu menampung 200 ribu jamaah.
9. Banyak simbol islam. Di antara simbol-simbol islam tersebut adalah 12 Pilar di dalam masjid yang     menjadi simbol kelahiran Nabi Muhammad SAW yaitu 12 Rabiul Awal.

Subscribe to receive free email updates:

Post a Comment