Satu Jam Di Museum Wayang

Sahabat, apakah kamu tahu jika indonesia itu memang sangat kaya akan budaya dan seni? Apakah kamu mencintai budaya dan kesenian bangsa ini? atau lebih mencintai budaya lain seperti musik yang berbau barat atau drama K-POP.

Jika kamu seorang yang mencintai budaya asing dibanding budaya sendiri itu sah-sah saja sobat, tapi kamu harus mengetahui juga kebudayaan sendiri. Salah satu kesenian indonesia yang sudah mendunia adalah wayang. Apakah kamu mengetahui sejarah wayang atau jenis-jenis wayang? Jika kamu ingin mengetahui tentang seluk-beluk wayang, maka melipirlah ke Museum Wayang sobat.

Bagi sobat pecinta Wayang, museum wayang wajib jadi tempat yang harus kamu kunjungi. Museum yang terletak di kawasan kota tua jakarta ini sangat mudah di akses baik menggunakan transportasi umum ( Busway dan KRL ) ataupun kenderaan pribadi. Untuk Memasuki Museum Wayang pengunjung dikenakan tarif sebesar Rp. 5.000,- untuk dewasa. 

Gedung Museum Wayang terdiri dari 2 lantai. Dilantai pertama dan kedua isinya hampir semua, yaitu mengenai jenis wayang yang ada di indonesia dan bahkan ada dari luar negeri juga. Saat ini museum wayang memiliki koleksi lebih dari 4.000 buah wayang dan boneka dari berbagai macam dan jenis. Jenis wayang yang dipamerkan disini meliputi wayang kulit, wayang kardus, wayang golek, wayang rumput, wayang beber dan wayang janur.

Boneka
Selain itu, jika sobat ingin membawa salah satu jenis wayang yang ada di museum. Sobat dapat membeli cindramata berupa wayang yang dapat di beli di lantai satu dekat pintu keluar. Lumayan kan sobat, buat menambah koleksi cindramata.

Apa manfaatnya jika berkunjung ke Museum Wayang?
- Menambah wawasan pengetahuan tentang wayang dalam negeri
- Menambah wawasan mengenai jenis-jenis boneka dalam negeri ataupun luar negeri
- Dapat menyaksikan pentas wayang tapi kamu harus cari tahu dulu jadwal pewayangannya

Bagaimana cara menuju museum wayang :
- Menggunakan Busway atau transportasi umum, turunlah di kawasan kotra tua
- Menggunakan KRL, turunlah di stasiun kota tua.

Jadi tidak ada alasan bagi sahabat untuk tidak berkunjung ke museum ini. Karena biaya yang sangat murah dan kamu akan mendapatkan banyak wawasan tentang wayang dan boneka.

Subscribe to receive free email updates:

Post a Comment