Melihat 'Bali' di Kaki Gunung Salak, Bogor

Bali memang menjadi tujuan wisata favorit bagi orang Indonesia bahkan Mancanegara. Karena Bali memang menawarkan wisata lengkap, mulai dari wisata pantai sampai dengan kuliner. Bali juga sering disebut sebagai kota seribu pura karena sangat banyak pura disini.

Wajar saja di Bali banyak pura karena memang sebagian besar penduduk bali beragam Hindu dan Budha. Jadi itu hal yang wajar.

Ingin Menikmati Bali tapi terkendala biaya, Jagatkarta Solusinya


Tidak jauh dari Pura Jagatkarta di Bogor, terdapat juga Pura Pasar Agung dan Pura Melanting yang terletak berdekatan. Tidak perlu jauh-jauh ke Bali untuk merasakan suasananya.

Bagi traveler yang tinggal di daerah Bogor dan beragama Hindu, pasti sudah akrab dengan Pura Jagatkarta Tetapi banyak yang tidak tahu juga tentang Pura Pasar Agung dan Pura Melanting yang berada di dekatnya.

Suasana Pura
Pura ini terletak di kaki Gunung Salak. Pura Agung dan Pura Melanting digunakan untuk bersembahyang bagi umat Hindu. Dari segi popularitas, kedua pura tersebut memang sering terlewatkan.

Umumnya pengunjung atau yang ingin sembahyang lebih fokus ke Pura Jagatkarta. Padahal sebelum traveler memasuki Pura Jagatkarta, Anda sudah terlebih dulu melewati kedua pura tersebut.


Sama dengan Pura Jagatkarta, pura ini digunakan untuk tempat sembahyang oleh umat agama Hindu. Jika Anda datang sebagai wisatawan dan tidak untuk beribadah, maka hanya diperkenankan sampai di pintu utama pura saja.

Apa yang bisa kamu lakukan di Pura ini?


Sebagai seorang ummat muslim, saya tidak bisa memasuki pura ini. Karena pura ini tempat peribadan ummat budha. Tapi jangan khawatir sahabat, kamu masih bisa melihar pura ini dari luar. Atau kamu sekedar mengobrol dengan pemangku pura ini. Mereka sangat ramah kok.


Cara Menuju Pura Pasar Agung


JIka kamu dari Jakarta sama dengan saya. Kamu bisa naik KRL dengan tujuan bogor. Terus melanjutkan naek angkot 02 ke arah Bogor Trade Mall Centre, setelah itu menyeberang di sisi mall, dan kamu menaiki angkot warna biru menuju ke Pura ini.

Sebelum menaiki angkot, pastikan dulu angkotnya sampai dengan jalan menuju pura ini. Setelah sampai di pinggir jalan menuju pura ini. Kamu bisa menggunkan ojek dengan harga Rp. 10.000,- . Saya sarankan kamu menggunkan ojek karena jalannya cukup menanjak walaupun hanya kurang lebih 1 KM. Untuk jalan pulang, kamu bisa berjalan kaki karena jalannya hanya menurun saja.

Thanks to travel.detik.com yang sudah memasukkan dan edit artikel saya.


Subscribe to receive free email updates:

Post a Comment