Nuansa 'Bali' di Kaki Gunung Salak, Bogor

Bali merupakan salah satu destinasi favorite bagi wisatawan lokal maupun mancaranegara. Tapi tidak semua orang bisa berkunjung ke Bali disebabkan oleh berbagai alasan, mulai dari uang, waktu dan lainnya.

Tapi bagi sobat yang ingin menikmati suasana Bali tanpa  mengeluarkan anggran yang besar, jangan khawatir., Pura Jagatkharta solusinya. Pura Parahayangan Agung Jagatkharta terletak di kaki gunung salak, Ciapus, Bogor.


Pura Jagatkarta

Pura yang berdiri diatas lahan seluas 2.5 hektar ini di sebut sebut sebagai pura terbesar ke dua setelah Pura Besakih di Bali. Pura yang beridiri di atas lanskape hijau dengan latar gunung salak ini, sangat menawan bagi siapa saja yang berkunjung.
 
Sama halnya di Bali, sebelum memasuki areal pura, pengunjung diwajibkan untuk menegenakan sebuah ikan pinggang berwarna kuning, kemudian melepasakan alas kaki.

Pura Jagatkarta terbagi menjadi 3 bagian pura. Yaitu bagian pertama, merupakan pintu untuk memasuki pura, dan disini ada beberapa bale-bale, terus dilanjutkan dengan ke tingkat ke dua, ditingkat ke dua ini kita akan disambut dengan patung ganesha besar yang di depannya tersaji sesajen yang isinua beragam bunga dan beberapa bale-bale kecil serta tempat sembahyang yang dipangku oleh pemangku.

Dan Yang terakhir adalah tingkat ke tiga, sebelum kita memasuki ke sini, disini ada gapura yang memisahkan bagian ke dua dan ketiga. Setalah kaki melangkah dari perbatasan bagian ke dua, sobat kan di sambut oleh pemandangan yang sangat luar biasa, dimana ada candi yang tinggi dengan ornamen dua buah naga bermahkota yang konon merupakan teman sang prabu siliwangi.

Sebenarnya selain pura jagatkarta masih ada pura lain, yang berada sebelum kita memasuki pura jagatkarta, yang bernama Pura Pasar Agung dan Pura Melanting.

Area Eksis,.


Cara Menuju Pura Jagatkarta


Untuk menuju pura jagatkarta tidaklah begitu sulit. Jika kamu berasal dari Jakarta, kamu dapat mencoba rute yang seperti saya coba :
- Naik KRL tujuan bogor , Tiket PP Rp. 10.000,-
- Naek angkot 02 arah BTM PP Rp. 5.000,-
- Naek Angkot Biru yang BTM - Ciapus , PP 20.000,-
- Ojek dari Pinggir Jalan ke Pura PP Rp. 20.000

Subscribe to receive free email updates:

Post a Comment