Museum Nasional ( Gajah )

Weekend di minggu terakhir setiap bulan adalah hal yang menyebalkan, karena kondisi keuangan sudah sekarat, jika sobat mengalami kasus yang sama. Disini gue kasih saran liburan murah meriah di jakarta full, chekc it out, Museum Nasional, Museum Bank IndonesiaMuseum Wayang dan Museum Bank Mandiri.

Museum Nasional atau yang sering di sebut museum gajah terletak di jalan merdeka barat, kurang lebih 50 Meter dari Monas. Museum ini disebut museum Gajah karena di depan gedung ada patung gajah perunggu yang merupakan hadiah dari kerajaan thailand yaitu raja Chulalongkorn ( Rama V). Untuk memasuki museum ini dikenakan tarif sebesar Rp. 5.000,- per orang untuk dewasa dan anak-anak sebesar Rp. 2.000,-.

Museum Nasional terdiri dari 4 lantai dan tiap lantai mempunyai koleksi-koleksi yang berbeda.Disetiap lantai kita akan disuguhkan peninggalan-peninggalan sejarah yang sangat memukau. Mari kita bahasa satu persatu koleksi setiap lantai-lantai yang ada di museum ini :


1. Lantai Pertama : Manusia dan Lingkungan.

Di lantai pertama berisikan informasi tentang sejarah manusia dan pra sejarah. Disini juga dijelasakan bagiamana bumi dan daratan berbentuk. Selain itu, disini juga fosil manusia prasejarah yang dikuburkan seperti kreangka manusia.

2. Lantai ke Dua : Ilmu Pengetahuan dan Tekhnologi

Di lantai kedua pengunjung akan disuguhkan dengan koleksi yang berkaitan dengan Ilmu pengetahuan, tekhnologi dan ekonomi. Diantara koleksi-koleksi yang ada disini dapat berupa Bahasa dan Aksara, Arsitektur, Sistem Hukum di Indonesia, Navigasi, Alat Komunikasi dan Produksi, Alat Transportasi dan Perdaganangan serta pengelolaan pangan dan obat-obatan.

3. Lantai Tiga : Organisasi Sosial dan Pola Pemukiman

Di Lantai tiga pengunjung akan disuguhkan dengan koleksi sistem organisasi sosial dan pola pemukiman masyarkat indonesia pada zaman pra sejarah. Oraganisasi sosial merupakan sistem tata sosial di dalam masyarakat masa lalu seperti strata sosial sedangkan Pola Pemukiman adalah cara-cara masyarakat bermukim dan tinggal di suatu tempat.

Pemukiman
4. Lantai Empat : Khasanah dan Keramik

Di lantai ini di bagi menjdai dua bagian. Untuk bagian pertama berisi tentang koleksi-koleksi perhiasan seperti emas, perhiasan-perhiasan serta harta karun. Dan dibagian kedua ada koleski-kolesi keramik baik dari dalam dan luar negeri seperti jenis keramik yang berasal dari Dinasti Han, Tang dan Ming. Untuk dilantai 4 tidak boleh mengambil fhoto/dokumentasi.

Sebgai informasi bagi pengunjung. Museum Nasional merupakn museum yang modern karena sudah di lengkapi dengan esklator dan lift serta AC, dan ada juga pertunjukan teater selam kurang lebih 15 menit dengan tema "Nenek Moyangku Seorang Pelaut".

Subscribe to receive free email updates:

Post a Comment