Museum Bank Mandiri

Wisata Museum? Museum Bank Mandiri saja 


Sahabat, apakah kamu salah satu nasabah Bank Mandiri? Jika iya, apakah kamu tahu sejarah Bank ini?.  Bank Mandiri merupakan salah satu bank pemerintah (BUMN) yang sangat maju dan menjadi kebanggan bangsa ini. Tapi, jika kamu ingin mengetahui sejarah bank ini, solusinya adalah berkunjung ke Museum Bank Mandiri.

Museum Bank Mandiri merupakan salah satu museum yang terletak di kawasan kota tua tepatnya di depan halte busway kota tua jakarta. Museum ini mempunyai bangunan 4 lantai dengan luas 21.509 m2 dengan aristektur bergaya Art Deco.

Museum Bank Mandiri
Sumber Fhoto : http://www.yukpiknik.com
Museum bank mandiri menceritakan proses terbentuknya bank mandiri serta perlengkapan yang digunakan oleh bank. Koleksi-koleksi yang ada di musium ini cukup lengkap seperti peti uang, mesin hitung uang, kalkulator, mesin pembukuan, mesin cetak, alat pres bendel, save deposito box, brankas dan lainnya.

Sebagai informasi, jika sobat ingin berkunjung ke museum ini
Hari Buka                          : Selasa - Minggu / Kecuali hari libur nasional (tutup)
Jam                                    : 09:00 -  16:00 WIB
Tiket                                   : Rp. 2.000 / Dewasa
                                             Rp. 00,-  Anak-anak, Pelajar, Mahasiswa dan Nasabah Bank Mandiri

Sejarah Museum Bank Mandiri


Museum ini berdiri pada tanggal 2 Oktober 1998 yang menempati area seluas 10.039 meter persegi.


Arsitektur Bangunan Museum Mandiri


Museum ini di arsiteki oleh arsitek belanda yaitu J.J.J de Bruyn, A.P. Smits dan C. van de Linde. Gedung ini mulai dibangun pada tahun 1929 dan dibuka secara resmi pada tanggal 14 Januari 1933 oleh C.J. Karel Van Aalst presiden NHM ke 10.

Koleksi Museum


Koleksi museum terdiri dari berbagai macam koleksi yang terkait dnegan aktivitas perbankan tempo doeloe dan perkembangannya, koleskinya antara lain perlengkapan operasional bank, surat berharga, mata uang kuno, brandkast dan lainya.

Koleksi perlengkapan operasiona bank yang unik antara lain adalah peti uang, mesin hitung, kalkulator dan lainnya.

Bagaimana sahabat? Apakah kamu tertarik mengunjungi museum ini. Tidak ada salahnya jika kamu punya waktu luang, luangkanlah waktu kamu kesini ya.

Subscribe to receive free email updates:

Post a Comment