Museum Bank Indonesia

Sahabat, apakah kamu pernah belajar tentang sejarah uang? Mulai dari apa itu fungsi uang, jenis-jenis uang?. Mungkin sahabat juga belajar ketika masih duduk di bangku kelas 1 Sekolang Menengah Pertama (SMP).

Jika sahabat belajar tentang uang, psti pernah belajar tentang lembaga-lembaga keuangan. Lemabaga keuangan secara umum di bagi menjadi dua yaitu lembaga keuangan bank dan non bank. Jika kami ingin mengetahui sejarah bank dan uang, maka Museum Bank Indonesia adalah solusinya.

Museum Bank Indonesia merupakan salah satu museum di kawasan kota tua jakarta. Untuk memasuki museum ini dikenakan biaya tiket sebesar Rp. 5.000,- Per Orang. Museum ini terdiri dari 2 lantai. Museum BI menceritkan peran bank indonesia di Indonesia sejak sebelum kedatangan pedagang eropa hingga didirikan pada tahun 1953.

Gedung Bank Indonesia

Jika sobat melihat desain arsitektur extrirornya yang terlihat kuno dan dibagian interiornya juga hampir sama. Tetapi jangan salah sobat, beragan fasilitas modern sudah ada disini seperti ruangan full ac dan pintu kaca otomatis.

Di museum BI, sobat dapat melihat berbagai macam peninggalan, fasilitas dan informasi sejarah seperti mata uang baru, kursi koin, koleksi uang dari berbagai dunia dan tahun, bank tempo doelo, ruang teater dan lainnya.

Hal-hal penting tentang Museum ini :

Museum ini menyajikan informasi peran Bank Indonesia dalam perjalanan sejarah bangsa yang dimulai sejak sebelum kedatangan bangsa barat di Nusantara hingga terbentuknya Bank Indonesia pada tahun 1953 dan kebijakan-kebijakan Bank Indonesia, meliputi pula latar belakang dan dampak kebijakan Bank Indonesia bagi masyarakat sampai dengan tahun 2005. Penyajiannya dikemas sedemikian rupa dengan memanfaatkan tekhnologi modern dan multi media, seperti display elektronik, panel statik, televisi plasma, dan diorama sehingga menciptakan kenyamanan pengunjung dalam menikmati Museum Bank Indoneisa.

Selain itu terdapat pula fakta dan koleksi benda bersejarah pada masa sebelum terbentuknya Bank Indonesia, seperti pada masa kerajaan-kerajaan Nusantara, antara lain berupa koleksi uang numismatik yang ditampilkan juga secara menarik.

Selamat mepelajari sejarah bank ya sahabat dan jangan lupa sebarkan informasi yang kamu dapat supaya bermanfaat bagi khalayak ramai.

Subscribe to receive free email updates:

Post a Comment