Masjid Pangeran Diponegoro

Apakah kamu seorang ummat muslim sahabat? Jika kamu seorang muslim, pasti sudah sering ke masjid untuk melaksanakan sholat berjamaah. Di jaman yang serba modern seperti ini, sahabat sangat mudah menemukan masjid yang indah dan megah.

Di jakarta sendiri sangat banyak wisata religi dan masjid yang harus kamu kunjungi. Salah satunya adalah masjid diponegoro di kawasan Taman Mini Indonesia Indah. Masjid ini berada di kawasan tempat-tempat peribatan ummat beragam yang ada di Indonesia mulai dari Klenteng, Masji dan Gereja.

Masjid Diponegoro adalah salah satu mesjid terindah dan termegah di Jakarta. Masjid ini berada di Kawasan Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur. Masjid ini berdiri di atas lahan seluas 2.850 m2 dengan luas bangunan 760 m2 dan teridiri dari dua lantai. Lantai Satu terdiri dari ruang tunggu, tempat wudhu, kamar mandi, perpustakaan, gudang dan dapur sedangkan lantai dua digunakan sebagai tempai imam, khatib dan mihrab.

Masjid Diponegoro Secara Keseluruhan

Atap Masjid Pangeran Diponegoro berbentuk kubah yang meneyerupai Bizatium yang mengandung makna bahwa kehidupan manusia merupakan sebagian kecil dari struktur alam semesta yang bernaung dibawahnya.

Kegiatan Masjid Diponegoro :

Selain berfungsi sebagai tempat peribadatan ummat muslim, masjid ini juga mempnyai fungsi yang lainnya seperti akad nikah dan sukuran, Shalat jumat ketika hari jumat dan biasanya hanya karyawan-karyawan dan pengunjung TMII yang berada di kawasan taman mini yang melaksanakan shalat jumat disini.

Fakat tentang Masjid Diponegoro :

1. Masjid ini berdiri di atas lahan seluas 2.850 meter persegi dengan luas 760 meter persegi yang terdiri dari lantai.

2. Arsitekturnya sama dengan kebanyakan masjid di Indonesia seperti Masjid Al Azhar Jakarta dan Masjid Syuhada di Yogyakarta.

3. Dibangun pada tahun 1973 yang di prakarsai oleh Presiden Soeharto
4. Masjid Diponegoro diambil dari salah satu nama Pahlawab Nasional Indonesia yaitu Pangeran Diponegoro.

5. Berbatasan langsung dengan gereja Santa Chaterina yang berarti urutan pertama deretan ibadah dari Indonesia.

6. Masjid ini tidak memilki hiasan dekoratif, atapnya berbentuk kubah (doom) menyerupai gaya Bizantum.

Subscribe to receive free email updates:

Post a Comment