Klenteng Kong Miao TMII

Liburan di jakarta itu sangat asiyk. Tak perlu jauh-jauh dan mahal untuk menikmati indoensia, cukup berkunjung ke taman mini indonesia indah (TMII). Saya sudah sering kesini, tetapi tidak ada bosannya karena memang sangat banyak yang harus di ulas jika ke TMII. Kali ini saya mengulas tentang rumah-rumah ibadah yang ada di TMII. Salah satunya adalah Klenteng.

Bagi sobat umat konghucu, pasti sudah tak asing lagi dengan yang namanya klenteng. Dan jika sobat ingin berwisata religi, tak perlu jauh-jauh, Di Taman Mini Indonesia Indah juga terdapat sebuah klenteng megah yang bisa anda kunjungi. Bangunan berwarna merah terang serta ornamen khas Tiong Hoa sangat kental disini.


Sebelum sahabat mulai mengulik klenteng yang indah dan megah ini. Di depan pintu masuk klenteng sahabat akan disambut oleh dua ekor naga raksasa yang seakan menyambut para umat dan wisatawan yang sedang berada di TMII khususnya yang berkunjung ke klenteng ini.

Klenteng Kong Miao adalah rumah ibadah umat agama konghucu. Di dalam klenteng ini terdapat 3 bangunan dengan nama dan arti yang berbeda-beda yakni Tian Tan, Da Cheng Dian, dan Qi Fu Dian.

Tian Tan merupakan Altar Suci untuk Bersujud atau Bersembah kepada Tian, Tuhan Yang Maha Esa. Bangunan ini berbentuk bundar yang merupakan lambang Tuhan (Kesempurnaan), dengan beratap tiga susun, yang melambangkan Tian (Tuhan, atap paling atas), Ren (Manusia, atap bagian tengah), dan Di (Bumi atau Alam Semesta, atap paling bawah). Di atas atap bangunan ada cungkup berwarna emas yang melambangkan Puncak Kebajikan yang Bercahaya (Cemerlang).

Da Cheng Dian adalah Klenteng Nabi Agung (Kong Zi, Khongcu, dan Khonghucu). Bangunan ini terdiri atas 2 lantai. Lantai satu digunakan untuk ruangan kantor dan perpustakaan dan  lantai dua berisi Altar Tian, Altar Nabi Agung Kong Zi dan tempat untuk Kebaktian
 
Qi Fu Dian adalah Klenteng untuk Keberkahan. Di dalamnya terdapat Altar untuk menghormati Para Suci, baik berupa spirit malaikat, para leluhur atau tokoh suci jaman dahulu. Di samping kanan bangunan terdapat satu bangunan klenteng kecil yang bernama Zao Jun Dong, yang merupakan bagian tak terlepaskan dari bangunan Qi Fu Dian.

Subscribe to receive free email updates:

Post a Comment