Anjungan Jawa Timur TMII

Mengetahui Jawa Timur dalam Sehari, Bisa?


Sahabat, apakah kamu tahu tentang jawa timur? Provinsi ini memang sangat terkenal di Indonesia karean keindahan dan kasus-kasusnya, seperti lumpur lapindo. Kamu ingin mengetahui Jawa Timur dalam sehari, apakah bisa? Tentunya saja jawabnya bisa, hehe.

Jika ingin memgenal dan mempelajari lebih banyak mengenai Jawa Timur, mulai dari Budaya, Perjuangan, Rumah adat dan tarian-tarian khas jawa timur atau all of about east java , come in guyz on Anjungan Jawa Timur.

Anjungan Jatim dibagi menjadi 3 bagian. Halaman pertama menggambarkan sejarah dan kesenian jawa timur. Dua patung raksasa Kotbuta dan Angkatbuta perwujudan Patih Blambangan masa Raja Minak Jingga mengapit jalan masuk sebelah utara anjungan Jawa Timur di halaman pertama. Di sisi kiri halaman ini terdapat tiruan Candi Tahun dari gugus Penataran dalam ukuran asli dengan patung Ganesya di dalamnya.

Anjungan Jawa Timur

Halaman kedua ada tugu bersegi sepuluh dengan sebelas keratan dan berujung runcing, tiruan Tugu Pahlawan Surabaya, berskala 1:5. Perjuangan 10 November digambarkan melalui Patung Patriot dengan bambu runcing di dekatnya. Di halaman ini juga terdapat tiruan Menara Masjid Ampel Surabaya untuk mengenang perkembangan agama Islam di Jawa Timur, khususnya di Surabaya. Di belakang gapura Paduraksa terdapat panggung terbuka dengan panjang 11 meter dan lebar 8 meter dilengkapi dengan lampu-lampu pencahayaan berikut gamelan slendro dan pelog untuk pementasan kesenian

Halaman ke tiga, menggambarkan alam pedesaan.Di halaman ini terlihat beberapa rumah adat, dimana sebuah rumah kepala desa, lengkap dengan pendopo dan kenthongannya, merupakan bangunan induk anjujungan ini. Pendhapa digunakan untuk pameran pelbagai alat musik Jawa Timur, yakni seperangkat gamelan dan angklung dari Banyuwangi, alat musik patrol dari Jember dan seperangkat peralatan reog Ponorogo berikut sejumlah kesenian khas Ponorogo.

Patung Karapan Sapi

Sekilas tentang Jawa Timur


Propinsi Jawa Timur beribukota Surabaya ini dikenal dengan sebagai KOta Pahlawan. Selain itu, menurut sejarah, Jatim pernah menjadi pusat kerajaan besar yaitu Majapahit dengan tokoh negarawan Gajah Mada.


Sumber Artikel : http://www.tamanmini.com/anjungan/anjungan-jawa-timur

Subscribe to receive free email updates:

Post a Comment