7 Tempat Penting Di Sekitar Monas

Apakah sobat sudah pernah ke Jakarta? atau sobat memang tinggal di Jakarta? Jika sobat ke Jakarta dan atau tinggal di Jakarta pasti sudah pernah ke Monas kan?. Monas ( Monumen Nasional ) merupakan salah satu  icon kota Jakarta dengan ketinggian tugu 132 Meter yang didirikan untuk mengenang perlawanan dan perjuangan rakyat Indonesia untuk merebut kemerdekaan dari Belanda.
Untuk warga jakarta dan sekitarnnya, tentu sudah familiar dengan Monas, karena setiap hari minggu di sini Car Free Day yang sering digunakan warga untuk Jogging, atau sekedar kuliner. Jika sobat ke Monas jangan lupa ke sini ya :

1. Patung Pangeran Diponegoro

Pangeran Diponegoro memimpin perang Diponegoro yang terjadi pada tahun 1825 - 1830 di daerah Jawa Tengah dan sebagian Jawa Timur. Perang ini terjadi anatara Belanda dan penduduk pribumi yang dipimpin oleh Pangeran Diponegoro. Perang ini disebabkan oleh pihak Belanda membangun jalan dari Yogyakarta ke Magelang yang melewati makam lelehur pangeran Diponegoro.


2. Patung Chairul Anwar

Chairil Anwar, yang lahir di Medan pada 26 Juli 1992 adalah maestro penyair Indonesia. Sajaknya yang penuh semangat menjadi motivasi pergerakan untuk melawan penjajah Belanda. Sayang, penyakit merenggut nyawanya pada 28 April 1949 di Jakarta.


Chairil Anwar dinobatkan sebagai pelopor angkatan 45, dan penjembatan puisi modern Indonesia. Karyanya masih sering dibacakan orang. Patung Chairil Anwar berada dekat patung Pangeran Diponegoro.

3. Patung Ikada

Ikada bukan nama Pahlawan Indonesia, tapi nama dari Lapangan Ikada yang menjadi saksi dari perjuangan para pemuda dan rakyat pada rapat besar tanggal 19 September 1945. Saat itu, mereka berkumpul di Lapangan Ikada untuk mendengar pidato Bung Karno.

Rapat tetap berjalan, sekalipun tentara Jepang yang masih ada di Indonesia telah menjaga Lapangan Ikada dengan senjata lengkap. Lapangan Ikada kini menjadi Lapangan Monumen Nasional dimana Monas berdiri tegak. Patung Ikada ada di sisi selatan Monas.

4. Patung Raden Ajeng Kartini

Raden Ajeng Kartini, lahir di Jepara, Jateng, pada 21 April 1879. Beliau dikenal sebagai tokoh emansipasi wanita Indonesia. Lahir dari kalangan bangsawan tidak membuat RA Kartini berpangku tangan memperjuangkan kesetaraan gender perempuan Indonesia.


RA Kartini meninggal pada usia muda, 25 tahun pada 17 September 1904. Dia dianugerahi gelar pahlawan dan hari kelahirannya pada 21 April, diperingati sebagai Hari Kartini. Patungnya di Taman Monas ada di sisi timur menghadap Gambir di Jl Medan Merdeka Timur

5. Patung Muhammad Husni Thamrin

Mohammad Husni Thamrin, lahir di Batavia (Jakarta) pada 16 Februari 1894. Beliau merupakan seorang politisi di era Hindia Belanda. MH Thamrin dikenal sebagai tokoh Betawi yang pertama kali menjadi anggota Volksraad (Dewan Rakyat) di Hindia Belanda, mewakili kelompok pribumi.


Pemikirannya yang menganggap pemerintah harus mendekati kemauan rakyat untuk dapat memerintah dengan baik, masih jadi panutan dan dasar bagi banyak orang. Namanya diabadikan menjadi jalan protokol MH Thamrin. Patungnya ada di sisi barat Taman Monas menghadap Jl Medan Merdeka Barat

6. Patung Arjuna Wijaya ( Patung Kuda )

Patung Arjuna Wijaya dibangun pada Agustus 1987. Patung ini menggambarkan Arjuna dalam Perang Baratayudha yang kereta perangnya dikendarai oleh Batara Kresna.Kereta itu ditarik delapan kuda, melambangkan delapan ajaran kehidupan yang diidolai Presiden Soeharto. Asta Brata itu meliputi falsafah bahwa hidup harus mencontoh bumi, matahari, api, bintang, samudra, angin, hujan dan bulan. Di bagian patung itu nempel prasasti yang bertuliskan "Kuhantarkan kau melanjutkan perjuangan dengan pembangunan yang tidak mengenal akhir


7. Patung MH Thamrin

Patung dengan tinggu 5.3 Meter ini berdiri di atas tugu bulan yang dilapisi keramik hitam. Pahlawan asal betawi ini berdiri sedang memakai peci dan tangan kanannya memegang gulungan kertas.


8. Air Mancur Bundaran Bank Indoensia

Air mancur ini terletak di tengah-tengah jalan raya dan sangat cocok digunakan untuk mengabadikan moment disni karena view yang bagus.

Subscribe to receive free email updates:

Post a Comment