Marjajo Di Sibuhuan

Sibuhuan memang mungkin belum seterkenal dengan kabupaten-kabupaten yang ada di Sumatra Utara karena memang  jarang masuk stasiun televisi ataupun berita nasional. Kabupaten entah berantah ini merupakan tempat kelahiran dan saya dibesarkan sampai dengan sekolah menengah petama.


Sekilas tentang Sibuhuan


Sibuhuan merupakan pusat kabupaten pemerintahan kabupaten padanglawas, sumatra utara, Indonesia. Masayarakat yang ada disibuhuan cukup beragam diantaranya Batak Angkola, Batak Mandailing, Melayu karo dan Aceh.

Sebagian besar warga sibuhuan menganut Agama Islam dan sebagian kecil Kristen protestan dan Katholik.

Wisata Andalan Sibuhuan


Marjajo alias travelling di sibuhuan, tidak begitu sulit untuk mencari tempat wisata disini, karena sibuhuan merupakan daerah pegunungan. Jika anda ke sibuhuan cobalah ketempat-tempat berikut, dijamin anda tidak kecewa, haha.

1. Aek Siraisan


Aek (Air) Siaraisan terletak di desa Siraisan. Airnya yang sangat jernih dan dikelilingi oleh pegunungan dan pemandangan sawah-sawah. Aek siraiasan ramai dikunjungi setiap akhir pekan dan sangat cocok untuk tempat pacaran.

Aek Siraisan Sibuhuan

Sayang sekali, airnya sekarang sangat dangkal, padahal diwaktu aku kecil airnya sangat dalam dan Jernih. Dan tidak ada perhatian dari pemerintah setempat untuk menjadikan siraisan sebagai tempat wisata dan dapat dijadikan sebagai PAD setempat.

2. Parmata Sapihak


Parmata Sapihak terletak di Desa Sabarimba. Untuk menuju tempat ini saya sarankan menaiki motor, karena untuk kenderaan umum (Ex Becak Motor) hanya dapat mengantra ke desa Sabarimba, dan dari desa kita harus jalan kaki untuk menuju ke Parmata Sapihak.

Jalan Menuju Permata Sapihak
Wisata Parmata Sapihak merupakan wisata religi karena disini biasanya dilakukan Ziarah Kubur, dan menurut masayarakat setempat kuburan disini sangat panjnag-panjang. Ada yang berukurunan 2 Meter dan ada 2 kuburan yang berukuran 7 Meter. Dan untuk kuburan 7 Meter menurut kepercayaan setempat zenazahnya dilipat 3 dan mengatakan dilipat 7, terlepas dari itos atau fakta, tapi itulah kepercyaan arga setempat.

3.Aek Milas Paringgonan


Aek Milas (Air Panas) Paringgonan terletak di Desa Paringgonan. Untuk menuju lokasi ini tidak lah sulit karena sudah ada jalan yang bagus. Selain pemandaian Air panas disini juga dikelilingi oleh gunung-gunung dan perkebunan warga setempat (biasanya Karet dan Sawit).


Disini juga sudah ada kolom renang yang airnya berasal dari pegunungan dan terasa hangat. Untuk menghilangkan stress atau hanya sekedar menghabiskan waktu luang, disinilah tempatnya kawan.

Subscribe to receive free email updates:

Post a Comment