Menengok Indahnya Candi Di Jawa Tengah

Dataran Tinggi Dieng tak hanya di kenal dengan pemandangan pegunungan dan udaranya yang dingin. Dieng juga mempunyai sederat candi yang menarik untuk di kunjungi. Bila berkenan cobalah mengjungi komplek candi Mahabrata. Di sebut sebagai candi Mahabarta karena hampir semua nama candi merujuk pada  tokoh pewayangan mahabarata.

http://mandiriransel.blogspot.co.id/2015/06/dieng-part-ii-candi-dieng_11.html


Mulai dari komplek Candi Arjuna, yang terdiri dari Candi Arjuna, Candi Semar, Candi Pantudewa, Candi Sambadra dan Candi Srikandi. Di sisi lain ada komplek Candi Gatotkaca yang terdiri dari gugusan Candi Gatotkaca, Setyaki, Nakula, Sadewa, Gareng, dan Petruk. Namun karena runtuh, yang tersisa hanya candi Gatotkaca.

Baca Juga Candi Gedong Songo, Indah di Atas Bukit Semarang


Hingga saat ini, Candi-Candi tersebut merupakan bukti kemegahan Dieng di masa lampau dan menjadi salah satu obyek wisata andalan di darata tinggi Dieng.

Eksis

http://mandiriransel.blogspot.co.id/2015/06/dieng-part-ii-candi-dieng_11.html

Sejarah Candi Dieng


Candi dieng merupakan Warisan Mahakarya pada Abad ke 7 dari Dinasti Sanjaya. Berdasarkan prasasti yang ditemukan disini, candi-candi tersebut diperkiran didirakan pada abad ke VIII - XIII masehi, sebagai wujud kebaktian kepada Dewa Syiwa dan sakti Syiwa.

Candi ini ditemukan pertama kali pada tahun 1814 oleh seorang tentara inggris yang sedang berwisata dieng dan melihat sekumpulan candi yang terendam dalam genangan air talaga.


Luas Komplek Candi Dieng


Komplek candi dieng diperkirakan mencapai sekitar 1.8 x 0.8 Kilometer dan terdiri dari 3 kelompok dan 1 candi yang berdiri sendiri sendiri yang dinamakan berdasarkan nama tokoh dalam mahabarata.


Candi-Candi di Komplek Dieng


Candi-candi yang ada di komplek dieng terdiri dari tiga kelompok, yaitu Kelompok Arjuna, Gatotkaca, Dwarawati dan Bima. 

1. Kelompok Candi Arjuna


Candi Arjuna terdiri dari bererapa candi yaitu Candi Arjuna, Candi Pantudewa, Candi Sembadra, Candi Semar dan candi Sriknadi. Candi Arjuna, Pantudewa dan Sembadra merupakan candi yang dibuat untuk menyembah dewa Siwa dan Candi Srikandi digunakan untuk tempat menyembah dewa Trimurti yaitu Siwa, Brahma dan Wisnu.

2. Kelompok Candi Gatotkaca


Komplek candi Gatotlkaca sendiri terdiri dari lima candi yaitu Candi Gatotkaca, Setyaki, Nakula, Sadewa, Petruk dan Gareng. Candi setyaki juga digunakan untuk menyembah dewa syiwa.

3. Kelompok Dwarawati


Kelompok candi ini terdiri dari empat candi yaitu candi Dwarawati, Abiyasa, Pandu dan Margasari.

4. Kelompok Candi Bima


Candi Bima berdiri sendiri diatas bukit dan merupakan bangunan terbesar di antara candi-candi yang ada di Dieng.

Subscribe to receive free email updates:

Post a Comment